Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Tema Hari Internasional Penjaga Perdamaian PBB, 29 Mei

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Internasional Penjaga Perdamaian PBB atau International Day of UN Peacekeepers diperingati pada 29 Mei di setiap tahunnya. Lantas, seperti apa tema dan sejarahnya?

Hari Internasional Penjaga Perdamaian PBB diresmikan langsung oleh Majelis Umum PBB resolusi 57/129 pada 11 Desember 2002 atas permintaan dari Asosiasi Pasukan Penjaga Perdamaian Ukraina.

Hari Internasional Penjaga Perdamaian PBB ada untuk menghormati parapasukan ‘Blue Helmets’ atau Helm Biru.

Terkait hal tersebut, Sekretaris Jenderal PBB (2011-2016) Ban Ki-moon pun mengatkan bahwa Blue Helmets adalah ciri terbaik dari solidaritas global atas keberaniannya bertugas di lingkungan berbahaya demi menjamin keamanan dan ketentraman.

Tema Hari Internasional Penjaga Perdamaian PBB 2024

Dikutip Holopis.com dari situs resmi PBB, Hari Internasional Penjaga Perdamaian PBB untuk tahun 2024 ini mengusung tema ‘Fit fot the future, building better together‘.

Tak terbantahkan bahwa pasukan penjaga perdamaian PBB itu sendiri sejak 76 tahun silam sudah berusaha bertindak sesuai dengan koridornya yakni menyelematkan hingga mengubah kehidupan di tengah keamanan dan situasi politik dunia.

Ada pun Hari Internasional Penjaga Perdamaian PBB sejatinya sekaligus merupakan penghargaan penjaga perdamaian PBB. Selain itu ikut mendorong untuk memajukan semangat dan tindakan kolektif demi menciptakan dunia yang adil dan berkelanjutan, serta setara satu sama lain.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Sejarah Hari Perdamaian Internasional 21 September

Pada tanggal 21 September setiap tahunnya, masyarakat dunia memperingati Hari Perdamaian Internasional atau International Day of Peace. Peringatan ini bukan hanya sekadar hari untuk memperingati perdamaian, tetapi juga memiliki makna mendalam.

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru