BerandaHistoryIni Tema Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2024

Ini Tema Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Setiap tanggal 29 Mei diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), yang digagas pertama kali oleh Dr. KRT. Radjiman Widyodiningrat saat memimpin sidang BPUPKI pada tangal 29 Mei 1945.

Ia merupakan anggota paling sepuh (tertua), yang dengan kearifannya mencetuskan gagasan perlunya dasar filosofis negara Indonesia.

Dikutip Holopis.com dari laman Kementerian Sosial Republik Indonesia, HLUN dicanangkan pertama kali secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 29 Mei 1996 di Semarang.

Tujuan dari peringatan HLUN, untuk mengapresiasi berupa penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting dan strategi para lanjut usia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

Penerbit Iklan Google Adsense

Pada tahun 2024 ini, peringatan HLUN memiliki nuansa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, diisi dengan banyak kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat terutama Lanjut usia.

Mengingat wilayah Indonesia rawan bencana, membawa pengaruh yang besar terhadap eksistensi lansia. Khususnya, mereka yang berada di kawasan-kawasan yang mengalami bencana seperti konflik, banjir, tanah longsor, gunung berapi, tsunami, gempa bumi dan kebakaran.

Kondisi tersebut, semakin memperparah kondisi lansia, sehingga banyak lansia yang terdampak dengan situasi tersebut. Atas dasar hal itu, negara hadir bersama stakeholders dalam penanganan masalah diatas.

Kehadiran Negara ditandai dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan, dimana pemerintah memberikan perhatian khusus kepada Lanjut Usia.

Mandat Peraturan Presiden tersebut ditujukan kepada Kementerian/Lembaga untuk mewujudkan Lanjut Usia Sejahtera, Mandiri, dan Bermatabat. Hal ini sebagaimana dituangkan dalam tema peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2024 “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Hari Bulutangkis Sedunia, Gembira dalam Olahraga

Setiap tahun pada tanggal 5 Juli, komunitas bulutangkis di seluruh dunia bersatu untuk merayakan Hari Bulutangkis Sedunia.

Hari Bank Indonesia : Sejarah Serta Maknanya

Hari Bank Indonesia selalu diperingati di Indonesia setiap tahunnya tepat di tanggal 5 Juli.

Menelusuri Jejak Sejarah Rokok di Indonesia

Rokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, bukan sekadar benda untuk dihisap. Rokok telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan tradisi, menemani berbagai momen penting dalam kehidupan

Sejarah Stadion Olimpiade Berlin yang Jadi Venue Laga Pembuka 16 Besar Euro 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Stadion Olimpiade Berlin atau Olympiastadion resmi jadi venue laga pembuka babak 16 besar Euro 2024. Lantas, seperti apa sejarah stadion tersebut?...

Ini Tema Hari Anti Narkotika Internasional 2024

Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), diperingati setiap tanggal 26 Juni sebagai bentuk keprihatinan dunia pada penyalahgunaan dan perdagangan gelap narkotika di seluruh dunia.

Hari Janda Sedunia atau International Widow’s Day, Rayakan Perjuangan Para Perempuan Tangguh

Setiap tahun pada tanggal 23 Juni, dunia memperingati Hari Janda Internasional atau International Widows Day.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS