Categories: Ragam

Tak Selalu Buruk, Begadang Ternyata Punya Manfaat Luar Biasa

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Begadang, atau terjaga hingga larut malam sering kali dianggap sebagai kebiasaan yang buruk. Namun, ada beberapa manfaat begadang yang mungkin mengejutkan banyak orang.

Berikut manfaat begadang dan penjelasannya, mengapa aktivitas begadang bisa bermanfaat.

Kreativitas Meningkat

Salah satu manfaat utama begadang adalah peningkatan kreativitas. Banyak seniman, penulis, dan musisi mengaku bahwa mereka sering mendapatkan inspirasi terbaik saat larut malam.

Kondisi tenang dan minim gangguan pada malam hari memungkinkan pikiran lebih bebas berkelana dan menemukan ide-ide baru.

Studi menunjukkan, bahwa otak bekerja secara berbeda di malam hari, yang bisa memicu pemikiran out-of-the-box dan inovatif.

Produktivitas di Luar Jam Kerja

Bagi sebagian orang, begadang adalah waktu terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan pemikiran mendalam dan ketelitian, sehingga memerlukan konsentrasi yang tinggi.

Dengan begadang, seseorang dapat fokus sepenuhnya pada tugas mereka, tanpa adanya gangguan dari email, panggilan telepon, atau interaksi sosial lainnya.

Fleksibilitas Waktu

Begadang juga memberikan fleksibilitas waktu yang lebih besar. Mereka yang memiliki jadwal kerja fleksibel atau pekerjaan lepas sering kali memilih begadang untuk menyesuaikan dengan zona waktu kliennya di luar negeri, atau untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat.

Kesempatan untuk Mengembangkan Hobi

Malam hari sering kali adalah waktu yang ideal untuk mengejar hobi atau kegiatan pribadi yang mungkin tidak sempat dilakukan pada siang hari, seperti membaca, menulis, atau belajar keterampilan baru.

Dengan begadang, tentu seseorang akan mendapat kesempatan untuk mengembangkan diri dan mengeksplorasi minat pribadi yang biasanya terkendala oleh waktu.

Mengatasi Insomnia

Meskipun terdengar kontra-intuitif, begadang terkadang bisa membantu mereka yang menderita insomnia. Dengan tidak memaksakan tidur, individu bisa mengurangi kecemasan terkait tidur dan membiarkan tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Ini bisa menciptakan siklus tidur yang lebih alami dan sehat dalam jangka panjang.

Koneksi Sosial dan Hiburan

Begadang juga bisa menjadi waktu yang baik untuk bersosialisasi, terutama bagi mereka yang tinggal di kota besar dengan kehidupan malam yang aktif.

Selain itu, ini adalah waktu untuk menikmati hiburan, seperti menonton film atau bermain game, yang bisa menjadi cara yang baik untuk menghilangkan stres dan bersantai setelah hari yang sibuk.

Meskipun begadang memiliki beberapa manfaat, penting untuk diingat bahwa keseimbangan tetaplah kunci. Terlalu sering begadang tanpa mendapatkan cukup tidur berkualitas bisa berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental.

Oleh karena itu, jika Sobat Holopis memilih untuk begadang, pastikan Sobat juga mengatur waktu istirahat yang cukup untuk memulihkan energi.

Khoirudin Ainun Najib

Share
Published by
Khoirudin Ainun Najib

Recent Posts

Jokowi : WTP Bukan Prestasi!

Presiden Jokowi (Joko Widodo) memberikan apresiasi atas kinerja sejumlah lembaga negara yang memperoleh predikat WTP…

6 menit ago

Jokowi Kesel Birokrasi di Indonesia Masih Rumit

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengakui bahwa birokrasi di Indonesia sampai dengan saat ini masih rumit…

21 menit ago

Perjalanan Akademis Firmanto Laksana: Dari Ketua Bidang PERADI hingga Guru Besar Kehormatan Unissula

Ketua Bidang Pendidikan Profesi Advokat, Sertifikasi, dan Kerja Sama DPN Peradi, Firmanto Laksana, dikukuhkan sebagai…

36 menit ago

Prabowo Pastikan Bakal Perkuat BPK : Tiap Rupiah Harus Kita Amankan!

Presiden Terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto menanggapi harapan Presiden Jokowi perihal penguatan BPK di pemerintahan…

51 menit ago

Hamas Berniat Bebaskan Sandera, Meski Israel Tak Hentikan Serangan Permanen

Hamas mulai menunjukkan niat mereka untuk melakukan perjanjian dengan Israel terkait sandera yang masih di…

1 jam ago

Penampilan di Minggu Terakhir PRJ 2024, Ada Rizky Febian Hingga Kotak!

Keseruan Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) akan masih terus berlanjut hingga tanggal 14…

1 jam ago