BerandaOtoteknoOtomotifSIM C1 resmi Diluncurkan, Pengguna Motor Berkapasitas Mesin 250-500 cc Wajib Punya

SIM C1 resmi Diluncurkan, Pengguna Motor Berkapasitas Mesin 250-500 cc Wajib Punya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – SIM C1 resmi diluncurkan Korlantas Polri, yang ditujukan bagi para pengguna sepeda motor dengan kapasitas mesin 250-500 cc.

Menurut Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan, penerbitan SIM C1 merupakan amanat dari Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Kita bersama-sama akan menyaksikan launching SIM C1. Ini sebenarnya amanat dari Perpol,” kata Aan saat peluncuran SIM C1 di Satpas SIM Daan Mogot, Senin (27/5) seperti dikutip holopis.com.

Aan menambahkan, perbedaan kompetensi sudah diatur melalui kajian oleh Korlantas Polri. Selain itu, dengan adanya klasifikasi antar-kapasitas mesin motor diharapkan bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Mudah-mudahan juga ini ikut berkontribusi dalam rangka menciptakan pengemudi yang berkeselamatan, dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan nantinya,” ujarnya.

Syarat Mendapatkan SIM C1 :

Dalam kesempatan tersebut, Aan menjelaskan bagi pengendara yang akan menaikan SIM C ke SIM C1 harus memenuhi sejumlah persyaratan. Seperti memiliki SIM C yang berlaku selama satu tahun, dan juga mengikuti tes yang telah disiapkan.

Sebelum mendapatkan SIM C1, pengendara akan menjalankan tes attitude untuk mengantisipasi adanya konvoi kendaraan besar.

“Kita sudah ada kompetisi, kompetensi itu kan ada skill-nya, nanti diuji oleh Satpas ini bagaimana keterampilan mengemudi kendaraan CC 250 hingga 500,” ungkapnya.

“Juga ada pengetahuannya, ada ujian teori ada pojok baca dan lain sebagainya sebagai bentuk pemenuhan kompetensi,” pungkas dia.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Motor Listrik Yamaha EMF Terbaru Diluncurkan, Punya Daya Tempuh 65 Km

Motor listrik Yamaha EMF 2024 resmi diluncurkan, dengan warna spesial terbaru berupa penambahan aksen livery berwarna oranye di beberapa titik.

Yamaha Nmax Generasi Terbaru Punya Sensasi Rasa Turbo

Yamaha meluncurkan motor Nmax Turbo, yang jadi generasi terbaru dari model yang sebelumnya. All New Yamaha Nmax Turbo, punya perubahan tampilan hingga teknologi.

Mobil Listrik Paling Laris Bulan Mei 2024 Terjual 755 Unit

Mobil listrik mulai banyak yang merambah di Indonesia, ada banyak produsen yang berlomba memasarkan produknya. Chery Omoda E5, jadi mobil paling laris selama bulan Mei 2024.

IIMS Surabaya 2024 Sukses dengan Catatan Transaksi Rp 247 Miliar

HOLOPIS.COM, JAKARTA - IIMS Surabaya 2024 (Indonesia International Motor Show) yang berlangsung pada 29 Mei hingga 2 Juni 2024 di Grand City Convex, Surabaya,...

Rawat Aki Motor Biar Tetap Ngacir, Begini Tipsnya

Aki Motor jadi bagian penting pada kelistrikan kendaraan bermotor yang harus dirawat, sehingga bisa menghidupkan kendaraan melalui starter.

Begini Tampang Motor Gaya Retro Kawasaki W175 Series yang Baru Diluncurkan PT KMI

PT KMI (Kawasaki Motor Indonesia) menghadirkan, model terbaru untuk motor klasik Kawasaki W175 series.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS