Categories: Ekobiz

Jokowi Buka Peluang Naikkan Harga BBM Subsidi Bulan Depan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka peluang adanya evaluasi subsidi energi, khususnya subsidi bahan bakar minyak (BBM).

Dengan kata lain, harga BBM subsidi seperti Pertalite dan Solar bersubsidi berpeluang untuk naik, mengingat pemerintah saat ini masih menahan harga BBM subsidi sampai dengan Juni 2024.

Namun, Jokowi menegaskan bahwa evaluasi subsidi negeri tergantung pada kondisi fiskal negara dan fluktuasi harga minyak global.

“Semuanya dilihat fiskal negara, mampu atau tidak mampu, kuat atau tidak kuat. Harganya, harga minyaknya sampai seberapa tinggi,” kata Jokowi dalam keterangannya, Senin (27/5) malam, seperti dikutip Holopis.com.

Jokowi menegaskan, bahwa evaluasi perihal subsidi tersebut akan dikalkulasi lebih lanjut. Pasalnya, perkara energi seperti BBM merupakan perkara penting yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Selain itu, evaluasi subsidi yang nantinya berpengaruh terhadap harga BBM bersubsidi juga membawa efek domino terhadap harga kebutuhan lainnya di dalam negeri.

“Semua akan dikalkulasi, semuanya akan dihitung, semuanya akan dilakukan lewat pertimbangan pertimbangan yang matang karena itu menyangkut hajat hidup orang banyak, bisa mempengaruhi harga bisa mempengaruhi semuanya kalau urusan minyak,” tegas Jokowi.

Sebagaimana diketahui, pemerintah sejauh ini masih menahan harga energi seperti BBM hingga Juni mendatang, meskipun harga minyak mentah dunia mengalami tekanan, seiring dengan tensi konflik di timur tengah yang kian memanas.

Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, bahwa evaluasi terhadap subsidi energi masih pada rencana awal, yakni akan dilakukan pada Juni 2024 mendatang.

“Sejauh ini saya belum ada perubahan (evaluasi subsidi energi Juni),” kata Sri Mulyani dalam keterangannya, Senin (27/5).

Khoirudin Ainun Najib

Share
Published by
Khoirudin Ainun Najib

Recent Posts

Ratusan Rumah Warga di Kota Tangsel Terendam Banjir

Bencana banjir melanda sejumlah pemukiman warga yang ada di Kota Tangerang Selatan sejak Sabtu (6/7)…

6 menit ago

Belasan Desa di Bolaang Mongondow Selatan Terdampak Banjir

Bencana banjir melanda pemukiman warga yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara.

16 menit ago

Darren/Bernadine Gagal Juara Badminton Asia Junior Championship 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ganda campuran Indonesia yakni Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana gagal menjuarai Badminton Asia…

46 menit ago

Erick Thohir Ingin Indonesia Gebuk Balik Australia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memotivasi para pemain Timnas U-16 Indonesia untuk…

1 jam ago

Kunci Gitar Bermuara – Rizky Febian Feat. Mahalini Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Rizky Febian, salah satu penyanyi muda populer di Indonesia, bersama dengan Mahalini,…

4 jam ago

5 Serum Ini Cocok untuk Kulit Berminyak di Pagi Hari

Kulit berminyak memang memerlukan perawatan khusus agar tetap segar dan seimbang sepanjang hari.

4 jam ago