Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Jemaah Haji Dilarang Pakai Daster di Dalam Hotel

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau jemaah haji untuk menghormati budaya setempat selama berada di Tanah Suci, termasuk menjaga kesopanan dalam berpakaian.

“Jemaah dilarang menggunakan pakaian yang membuka aurat atau yang melanggar kesopanan saat di dalam hotel, seperti memakai daster atau celana pendek,” anggota Media Center Kemenag, Widi Dwinanda dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Senin (27/5).

Selain cara berpakaian, Kemenag juga mengimbau jemaah haji untuk menjaga pergaulan, terlebih pergaulan dengan lawan jenis yang non muhrim selama berada di Arab Saudi.

“Bersikap wajar terhadap lawan jenis, apalagi kepada orang yang tidak dikenal, agar tidak dianggap menggoda atau lainnya,” ujar Widi.

Selain masalah berpakaian dan pergaulan, hal penting lainnya yang perlu perhatikan para jemaah haji yakni terkait adab di Arab Saudi, dimana jemaah diimbau untuk tidak bersendawa di sembarang tempat.

“Jangan bersendawa di sembarang tempat, sebab dalam budaya Arab Saudi, bersendawa adalah sesuatu yang jorok,” teeang Widi.

Ketentuan lain yang perlu mendapat atensi jemaah adalah mematuhi larangan selama tinggal di hotel. Larangan tersebut di antaranya, jemaah tidak boleh memasak di dalam kamar dan tidak merokok di dalam hotel.

Selain itu, jemaah juga dilarang membuat jemuran di kamar dengan cara mengaitkan tali jemuran pada pemadam api (fire sprinkler) di kamar hotel.

“Bila perangkat fire sprinkler tersebut terlepas, maka akan memicu air keluar dan membasahi kamar,” terangnya.

Ketentuan dan larangan lainnya yang harus dipatuhi jemaah, lanjut Widi, tidak membuang puntung rokok sembarang. “Sisa bara di puntung rokok bisa memicu risiko besar yaitu kebakaran,” tegasnya.

Selanjutnya, jemaah juga diimbau untuk bijak dalam menggunakan air di hotel. Gunakan air secukupnya dan jangan lupa matikan keran air dengan rapat setelah tidak digunakan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Gus Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertemu...

Kemenag Tegaskan Tidak Ada Jual Beli Kuota Haji

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Isu jual beli kuota haji menjadi...

DPR Puji Haji Tahun 2024, Alhamdulillah Banyak Dapat Pujian Positif

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru