BerandaHistoryHari Amnesti Internasional, 28 Mei : Begini Sejarahnya

Hari Amnesti Internasional, 28 Mei : Begini Sejarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Amnesti Internasional diperingati pada 28 Mei di setiap tahunnya. Hari besar tersebut diperingati sebagai advokasi hak asasi manusia dan penyebaran pemahaman tentang pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Kemudian, Hari Amnesti Internasional juga diperingati untuk mengajak seluruh kalangan, baik itu ras, negara, bangsa, budaya untuk turut serta ikut dalam acara yang berkaitan dengan HAM itu sendiri.

Ada pun dalam hal ini, Hari Amnesti Internasional memiliki sebuah organisasi bernama Amnesti Internasional yang merupakan organisasi non pemerintah, yang bertujuan untuk menyuarakan serta mendukung gerakam HAM secara global.

Dalam perjalanannya, organisasi ini melakukan beberapa kegiatan seperti kampanye, advokasi, riset serta memobilisasi publik untuk mengakhiri segala pelanggaran hak asasi manusia, melindungi hak-hak yang terampas dan mengehentikan penyiksaan serta eksploitasi.

Penerbit Iklan Google Adsense

Tidak hanya itu, Amnesti Internasional juga memberikan perlindungan serta memastikan advokasi hak untuk kebebasan berekspresi, berserikat dan berpendapat. Amnesti Internasional juga membahas mengenai hak-hak ekonomi, budaya, serta sosial.

Lantas, seperti apa awal mula adanya Hari Amnesti Internasional?

Hari Amnesti Internasional mulai disuarakan oleh Peter Benenson, yang merupakan seorang pengacara asal Inggris. Pada tahun 1961, ia meluapkan kemarahannya karena dua mahasiswa Portugis ditangkap dan dipenjara hanya karena bersulang untuk merayakan kebebasan.

Lalu Benenson pun mengajak seruan untuk bersatu melawan dan mengakhiri ketidakadilan, dengan menuliskan sebuah artikel di surat kabar The Observer.

Akhirnya Amnesti Internasional terbentuk, dengan fokus pembebasan tahanan politik. Seiring jalannya waktu, setelah 50 tahun akhirnya Amnesti bertranformasi besar dan beradaptasi dengan perubahan dunia yang lebih dinamis. Kemudian, perkembangan Amnesti terus meluas dengan penegakan seluruh spektrum hak asasi manusia.

Amnesti juga melindungi dan menyuarakan pemberdayaan masyarakat, menghapus hukuman mati, melindungi hak-hak seksual juga reproduksi, menghentikan diskriminasi dan membela hak pengungsi dan imigran.

Awalnya, Amnesti hanya memiliki basis di Inggris. Kemudian, Amnesti pun mulai mendirikan kantor pusat utama di kota-kota Afrika, Asia-Pasifik, Eropa Tengah, Eropa Timur, Amerika Latin, serta Timur Tengah.

Kantor utama Amnesti, memiliki fungsi sebagai tempat untuk melakukan kampanye, komunikasi dan penyelidikan. Untuk memperkuat kinerja, Amnesti juga membangun kantor regional di lebih 70 negara.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Pustakawan Nasional 7 Juli, Simak Serajarahnya

Hari Pustakawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 7 Juli memiliki sejarah yang panjang dan penting bagi perkembangan literasi di Indonesia.

Sejarah Penetapan 1 Muharram sebagai Awal Tahun Baru Islam

1 Muharram merupakan hari pertama dalam kalender Hijriah, atau sebagai pertanda tahun baru Islam. Momen pergantian tahun ini merupakan momen yang sangat dinantikan - nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Hari Bulutangkis Sedunia, Gembira dalam Olahraga

Setiap tahun pada tanggal 5 Juli, komunitas bulutangkis di seluruh dunia bersatu untuk merayakan Hari Bulutangkis Sedunia.

Hari Bank Indonesia : Sejarah Serta Maknanya

Hari Bank Indonesia selalu diperingati di Indonesia setiap tahunnya tepat di tanggal 5 Juli.

Menelusuri Jejak Sejarah Rokok di Indonesia

Rokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, bukan sekadar benda untuk dihisap. Rokok telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan tradisi, menemani berbagai momen penting dalam kehidupan

Sejarah Stadion Olimpiade Berlin yang Jadi Venue Laga Pembuka 16 Besar Euro 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Stadion Olimpiade Berlin atau Olympiastadion resmi jadi venue laga pembuka babak 16 besar Euro 2024. Lantas, seperti apa sejarah stadion tersebut?...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS