BerandaNewsRagamKemlu Pastikan Tak Ada WNI yang Jadi Korban Longsor di Papua Nugini

Kemlu Pastikan Tak Ada WNI yang Jadi Korban Longsor di Papua Nugini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI memastikan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban bencana tanah longsor di Papua Nugini. Hal itu sebagaimana disampaikan Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Judha Nugraha.

“Sejauh ini, tidak terdapat informasi adanya korban WNI dalam bencana tersebut,” kata Judha dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Minggu (26/5).

Judha menyatakan, bahwa KBRI Port Moresby akan terus berkoordinasi dengan otoritas setempat dan komunitas WNI di sana untuk melihat bagaimana situasi di lapangan pasca bencana tanah longsor tersebut.

Sebagaimana diketahui, bencana tanah longsor yang terjadi di Papua Nugini pada Jumat lalu, telah menelan banyak korban. Setidaknya sebanyak 670 orang diperkirakan tewas dalam peristiwa longsor tersebut.

Penerbit Iklan Google Adsense

Kepada Badan PBB di Papua Nugini, Serhan Aktoprak menyebut, jumlah korban tewas didasarkan pada perhitungan dari pejabat desa Yambali, bahwa lebih dari 150 rumah telah terkubur akibat tanah longsor.

“Mereka memperkirakan lebih dari 670 orang tertimbun tanah saat ini,” kata Aktoprak dalam keterangannya seperti dikutip Holopis.com, Minggu (26/5).

Dia menyampaikan, bahwa proses evakuasi para korban berjalan sulit karena kondisi tanah yang masih labil meningkatkan risiko para petugas yang melakukan evakuasi.

“Situasinya sangat buruk karena tanah masih longsor. Air mengalir dan hal ini menimbulkan risiko besar bagi semua orang yang terlibat,” tambah Aktoprak.

Sejauh ini, petugas yang melakukan evakuasi telah mengangkat lima mayat dari timbunan tanah. Selain itu, petugas juga berhasil mengevakuasi satu kaki dari salah seorang korban selamat.

Tercatat, sebanyak tujuh orang, termasuk seorang anak-anak telah berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat. Ketujuh korban pun kini telah menerima perawatan medis. (ANT)

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Khasiat Keju untuk Tubuh yang Belum Banyak Diketahui

Siapa sih yang tidak suka keju? Keju bukan hanya lezat untuk dinikmati sebagai camilan atau tambahan pada berbagai hidangan, tetapi juga mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat memberikan manfaat kesehatan.

Cara Menjaga Diri dari HIV: Langkah-langkah Pencegahan yang Efektif

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.

Polri Gelar Pesta Rakyat HUT Bhayangkara ke-78 di Monas, Ada Makanan dan Minuman Gratis

Polri menggelar Pesta Rakyat dalam rangka HUT Bhayangkara ke-78, di Lapangan Monas pada Senin 1 Juli 2024. Kegiatan tersebut akan diisi berbagai acara, dan diramaikam dengan penampilan sejumlah artis Tanah Air.

Jokowi Ajak Masyarakat Doakan Pemulihan Prabowo Subianto

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengunggah momen kebersamaan dirinya saat tengah menjenguk Menhan Prabowo Subianto yang tengah menjalani perawatan.

Warga Jaksel dan Jaktim Harap Waspada, Ada Potensi Hujan Petir Malam Nanti

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Senin 1 Juli 2024.

Jokowi Bakal Jadi Inspektur Upacara HUT Bhayangkara Hari Ini

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada hari ini, Senin 1 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS