BerandaNewsEkobizBuntut Kasus LPG Disunat, Mendag Bakal Pelototi Seluruh SPBE di RI

Buntut Kasus LPG Disunat, Mendag Bakal Pelototi Seluruh SPBE di RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas menegaskan, bahwa pihaknya akan cek seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE) yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Hal itu disampaikannya menyusul adanya temuan 11 SPBE yang diduga melakukan kecurangan dengan mengurangi volume tabung gas berukuran 3 kilogram atau yang dikenal dengan sebutan elpiji melon.

Dia menegaskan, bahwa pihaknya tak main-main dengan kasus kecurangan pengurangan volume tabung gas bersubsidi yang diperuntukkan untuk masyarakat kecil.

“Masalah ini sangat penting karena menyangkut hajat hidup rakyat banyak. Hal ini menyangkut masyarakat kecil. Kami akan cek setiap provinsi, tidak main-main,” kata Zulhas dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Senin (27/5).

Penerbit Iklan Google Adsense

Sejauh ini, kata Zulhas, penindakan dalam kasus kecurangan tersebut baru sebatas sanksi administratif. Namun ia menegaskan pihaknya tak akan segan untuk menempuh jalur hukum jika nantinya ditemukan unsur pidana.

“Untuk dua sampai tiga bulan ini, kami gunakan pendekatan administratif. Namun, jika ditemukan unsur pidana, akan kami laporkan ke pihak berwajib,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyampaikan dengan tegas kepada para pelaku usaha agar menjalankan usaha dengan jujur.

Zulhas berharap agar SPBE dan SPPBE terus menjaga standar kuantitas seperti yang tertera di tabung Elpiji. Hal ini tidak hanya berlaku untuk tabung Elpiji 3 kg saja, tetapi juga untuk tabung Elpiji ukuran 12 kg dan 50 kg.

“Saya minta para pelaku usaha di stasiun pengisian elpiji untuk berlaku jujur. Pastikan jika konsumen membeli elpiji 3 kg, yang mereka terima sesuai dengan takaran. Jangan merugikan banyak orang,” tandas Zulhas.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

DPR Was-was Keputusan Tahan Harga BBM Subsidi Bikin APBN Boncos

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menyoroti keputusan pemerintah yang kembali menahan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, seperti Pertalite dan Solar subsidi pada Juli 2024.

Harga Emas di Pegadaian Kompak Turun Tipis Hari Ini, Cek Rinciannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak tidak mengalami perubahan pada perdagangan awal...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS