BerandaNewsEkobizBulog Pastikan Stok Beras untuk Kebutuhan Idul Adha Tercukupi

Bulog Pastikan Stok Beras untuk Kebutuhan Idul Adha Tercukupi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi memastikan, bahwa stok beras dalam kondisi yang aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di masa Lebaran Idul Adha 2024.

Pasalnya sampai saat ini, stok beras yang ada di gudang perusahaan pelat merah RI itu mencapai 1,81 juta ton.

“Saat ini stok (beras) Bulog sangat aman, karena kita memiliki stok 1,81 juta ton. Menurut saya stok itu sangat aman,” kata Bayu dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Senin (27/5).

Bayu memandang, stok sebanyak 1,81 juta ton tersebut merupakan langkah proaktif pihaknya dalam memastikan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat menjelang momen penting dalam kalender hijriah tersebut.

Penerbit Iklan Google Adsense

Ia menegaskan, pihaknya akan tetap memastikan ketersediaan stok beras, meskipun tradisi perayaan Idul Adha jarang terjadi peningkatan permintaan beras sebagaimana pada perayaan Idul Fitri.

“Idul Adha itu sebenarnya tidak akan ada masalah, Idul Adha itu dalam sejarah Indonesia tidak terjadi peningkatan permintaan (beras),” ucap Bayu.

Dalam momen Idul Adha, Bayu justru menyoroti potensi penurunan harga daging, seiring dengan tingginya aktivitas kurban yang membuat stok daging di masyarakat melimpah.

“Idul Adha itu beda sekali dengan Idul Fitri. Yang ada justru adalah penurunan harga daging karena banyak sekali orang melakukan kegiatan berkurban,” tutur Bayu.

Bayu menuturkan, meskipun sejarah perayaan Idul Adha di Indonesia tidak mencatat peningkatan signifikan dalam permintaan beras. Namun mengelola stok beras menjadi hal yang penting dalam memastikan stabilitas pasokan pangan selama momen tersebut.

Dengan stok sebanyak 1,81 juta ton, Bulog memastikan bahwa tidak akan terjadi kelangkaan beras yang dapat mengganggu kelancaran perayaan Idul Adha.

“Jadi kalau dilihat dari sisi kebutuhan stok tidak pernah terjadi ada peningkatan kebutuhan untuk stok menghadapi Idul Adha,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Sri Mulyani Nilai Ekonomi Global Masih Lemah, Inflasi Global Masih Tinggi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai perekonomian global masih dalam posisi stagnan lemah. Karena inflasi global yang tinggi juga seakan 'keras kepala' akibat belum kunjung turun.

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS