BerandaNewsRagam4 Jenis Jamu Serta Kegunaannya

4 Jenis Jamu Serta Kegunaannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari ini pada tanggal 27 Mei diperingati sebagai Hari Jamu Nasional. Pada tahun 2008, Presiden RI Saat itu Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan bahwa hari ini adalah hari jamu sebagai upaya untuk melestarikan budaya jamu yang telah diakui sebagai obat tradisional Indonesia.

Hal itu juga tertulis dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 003/MENKES/PER/I/2010.

Jamu adalah minuman tradisional Indonesia yang telah dikenal dan digunakan sejak zaman dahulu. Jamu terbuat dari bahan alami seperti rempah-rempah, akar, daun, buah, dan tanaman lainnya yang memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh.

Jenis-jenis jamu juba berbeda-beda dan sesuai dengan manfaatnya ang beragam. Ini dia beberapa jenis jamu serta khasiatnya untuk tubuh

Penerbit Iklan Google Adsense

1. Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam merupakan minuman jamu yang terbuat dari campuran kunyit dan asam jawa. Jamu ini dikenal memiliki rasa yang segar dan asam.

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kombinasi kunyit dan asam jawa dapat membantu meningkatkan produksi empedu dan merangsang pencernaan.

2. Jamu Temulawak

Jamu temulawak adalah minuman tradisional yang dibuat dari ekstrak temulawak, salah satu jenis tanaman umbi-umbian. Temulawak mengandung kurkuminoid dan flavonoid yang dapat membantu membersihkan dan menyehatkan hati.

Konsumsi jamu temulawak secara teratur dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu proses pencernaan dan penyerapan nutrisi.

3. Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur merupakan minuman jamu yang terbuat dari campuran beras, kencur, jahe, dan gula merah.

Kencur memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri sendi dan otot. Jamu beras kencur juga diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

4. Jamu Jahe Merah

Jahe merah mengandung senyawa aktif yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, menjaga tekanan darah normal, dan mengurangi risiko penyakit jantung.
Kombinasi jahe merah, madu, dan lemon memiliki efek melegakan pada saluran pernapasan, membantu meredakan batuk dan flu.

Aroma jahe merah yang segar dapat membantu menyegarkan pikiran dan meningkatkan fokus, membuatnya cocok dikonsumsi sebagai minuman penyegar.

Meskipun merupakan ramuan tradisional, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan ahli kesehatan sebelum mengonsumsinya secara teratur, terutama jika Sobat Holopis memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang dalam masa kehamilan atau menyusui.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru Islam harus menjadi ajang untuk perenungan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merawat nasionalisme dan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa.

Lokasi SIM Keliling Hari Senin 8 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 8 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia karena kemudahan dalam penyajiannya dan rasa yang nikmat.

Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Bencana banjir melanda ribuan rumah warga di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Sejumlah Bangunan di Kabupaten Batang Rusak Pasca Gempa

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Batang dan sekitarnya.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS