Categories: Militer

TNI AD Bangun Jembatan Bailey Demi Permudah Akses Bantuan di Tanah Datar

HOLOPIS.COM, SUMBAR – TNI AD (Angkatan Darat) mengerahkan anggotanya melalui Kodim 0307/Tanah Datar untuk membantu percepatan penanganan pasca bencana di wilayah tersebut.

Dandim 0307/Tanah Datar, Letkol Inf Agus Prio Pujo Sumedi menyebut, pasca bencana alam akibat banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi beberapa waktu lalu, mengakibatkan terganggunya arus transportasi darat.

“Akses jalan menjadi putus total dari Nagari Sungai Jambu Kec. Pariangan – Kab. Tanah Datar ke desa lainnya,” kata Agus dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (25/5).

Padahal, tujuh jembatan yang terputus di Kabupaten Tanah Datar Sumbar merupakan akses jalan nasional, maka sangat diperlukan akses untuk penyaluran bantuan kemanusiaan.

Atas dasar itu, Agus kemudian mengerahkan pasukan setidaknya sebanyak 1 SST personel Prajurit Yonzikon 12/KJ Menzikon/CRK dengan asitensi dari Pusat Zeni Angkatan Darat (Pusziad).

“Mereka diturunkan untuk membangun jembatan Bailey sejumlah 9 petak type 2-1 guna akses penyaluran ke lokasi bantuan kemanusiaan tersebut,” tukasnya.

Kegiatan ini dilakukan dengan berkoordinasi secara melekat dengan Kodim dan pihak Pemda Tanah Datar dalam hal ini Dinas PUPR Kabupaten Tanah Datar.

Pelaksanaan Pemasangan Jembatan Bailley sejumlah (9) petak/segmen Type 2-1 dipimpin oleh Lettu Czi Suyatno (Pjs. Danki Bantuan) dan Letda Czi Utami (Danton Jalan Jembatan Kiban Yonzikon 12/KJ) serta sebagai tim asistensi di lokasi pemasangan yaitu Dandenzibang 5/I Padang Letkol Czi Theodurus Sambua, S.T.

“Pemasangan jembatan bailley sejumlah sembilan petak/segmen type 2-1 telah selesai dilaksanakan dan dapat digunakan sebagai akses penyaluran bantuan kemanusian di Nagari Sungai Jambu dan desa di sekitarnya,” pungkasnya.

Ronald Steven

Share
Published by
Ronald Steven

Recent Posts

Kunci Gitar Kisah Tanpa Dirimu – Anggis Devaki Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Penyanyi muda berbakat Anggis Devaki kembali menggebrak industri musik Indonesia dengan merilis…

6 menit ago

Indonesia Punya Neraca Sumber Daya Laut, Bisa Lacak Nilai Ekologi Lautan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah meluncurkan Neraca Sumber Daya Laut Indonesia beberapa waktu lalu.

21 menit ago

Polisi Tangkap 2 Pembakar Rumah Rico Sempurna, Satu Ditembak Kakinya

Kapolda Sumatra Utara Komjen Pol Agung Setya Imam Efendi mengatakan bahwa pihaknya telah berhasil menangkap…

41 menit ago

Kunci Gitar Cantik – Tiara Andini, Arsy Widianto Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Industri musik Indonesia kembali dimeriahkan dengan kolaborasi apik antara dua penyanyi muda…

1 jam ago

Thiago Alcantara Nyatakan Pensiun!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Thiago Alcantara kabarnya telah mengumumkan untuk pensiun dari dunia sepak bola. Informasi…

1 jam ago

Jokowi Siap Doakan Kaesang Maju di Pilkada Serentak

Presiden Jokowi (Joko Widodo) terus memberikan sinyalemen dukungan dirinya terhadap Kaesang Pangarep yang dikabarkan akan…

2 jam ago