BerandaIslampadBenarkah Kurban Sapi Bisa Patungan ?

Benarkah Kurban Sapi Bisa Patungan ?

Sobat Holopis dapat memahami bahwa berkurban dengan sapi secara patungan adalah sah dan diperbolehkan dalam Islam, dengan maksimal tujuh orang yang berbagi satu ekor sapi. Hal ini didasarkan pada hadits sahih yang diriwayatkan oleh Muslim.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berkurban merupakan salah satu ibadah penting dalam Islam yang dilakukan pada hari raya Idul Adha. Salah satu jenis hewan yang dapat dijadikan kurban adalah sapi.

Berbeda dengan kambing atau domba yang hanya dapat dikurbankan oleh satu orang, sapi dapat dikurbankan oleh beberapa orang secara patungan.

Hukum dan Dalil Patungan Kurban Sapi

Menurut hukum Islam, patungan untuk kurban sapi diperbolehkan dan maksimal dapat dilakukan oleh 7 (tujuh) orang. Hal ini didasarkan pada hadits-hadits sahih yang menjelaskan praktik Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Hadits Riwayat Muslim:

Penerbit Iklan Google Adsense

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: نَحَرْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامَ الْحُدَيْبِيَةِ الْبَدَنَةَ عَنْ سَبْعَةٍ وَالْبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ

“Jabir bin Abdullah berkata: Kami menyembelih bersama Rasulullah SAW pada tahun Hudaibiyah, satu ekor unta untuk tujuh orang dan satu ekor sapi untuk tujuh orang.” (HR. Muslim)

Hadits ini menunjukkan bahwa sapi dan unta dapat dijadikan kurban untuk maksimal tujuh orang. Dengan demikian, berkurban secara patungan dengan sapi adalah sah dan sesuai dengan sunnah.

Hewan yang Bisa Dikurbankan secara Patungan

Dalam konteks berkurban, tidak semua jenis hewan dapat dikurbankan secara patungan. Berdasarkan dalil yang ada, hanya sapi dan unta yang dapat dikurbankan oleh lebih dari satu orang, tepatnya maksimal tujuh orang.

Kambing dan Domba

Dua jenis binatang ternak ini hanya boleh dikurbankan oleh satu orang. Hal ini berdasarkan hadits yang menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW dan para sahabat tidak pernah melakukan patungan untuk kambing atau domba.

Tidak adanya patungan untuk kambing atau domba dalam kurban didasarkan pada praktik Nabi Muhammad SAW dan tidak ada riwayat sahih yang menyebutkan adanya patungan untuk hewan-hewan ini. Kambing atau domba dalam kurban diperuntukkan untuk satu orang.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: إِنَّمَا جُعِلَ الْكَبْشُ عَنِ الْبَيْتِ.

“Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: ‘Sesungguhnya seekor kambing diperuntukkan bagi satu rumah tangga.'” (HR. Abu Dawud)

Hadits ini menunjukkan bahwa seekor kambing hanya boleh dikurbankan untuk satu orang dalam sebuah rumah tangga, bukan untuk beberapa orang secara patungan seperti layaknya ketentuan kurban sapi atau unta.

Dengan penjelasan ini, Sobat Holopis dapat memahami bahwa berkurban dengan sapi secara patungan adalah sah dan diperbolehkan dalam Islam, dengan maksimal tujuh orang yang berbagi satu ekor sapi. Hal ini didasarkan pada hadits sahih yang diriwayatkan oleh Muslim.

Sapi Kurban Holopis

Sedangkan, kambing atau domba hanya boleh dikurbankan oleh satu orang atau satu keluarga saja, karena tidak ada dalil yang membolehkan patungan untuk hewan-hewan tersebut.

Berkurban adalah ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mempererat tali silaturahmi antar umat Islam. Melalui pemahaman yang benar tentang ketentuan kurban, semoga ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

9 Sunnah di Hari Jumat

Hari Jumat memiliki kedudukan istimewa dalam agama Islam, di mana umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan beberapa amalan sunnah sebagai bentuk penghormatan dan keistimewaan terhadap hari tersebut.

Tawaf Wada: Perjalanan Pamungkas Jemaah Haji

Tawaf Wada adalah salah satu dari ritual penting dalam ibadah haji yang dilakukan oleh jemaah saat akan meninggalkan Kota suci Makkah setelah menunaikan semua rukun haji lainnya.

Shalat Jumat Wajib, Meninggalkan Tanpa Alasan Syar’i Berdampak Buruk Pada Keimanan

Selain karena ibadah mahdlah, shalat Jumat juga memiliki manfaat sebagai ibadah muamalah, karena dilaksanakan dengan cara berjamaah.

Hey Muslimin Muslimah, Jangan Lupa Baca Surat Yasin di Malam Jumat

Surat Yaasin (Yasin) adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki kedudukan istimewa dalam kehidupan umat Islam. Surat ini terletak di juz ke-22 dan terdiri dari 83 ayat.

6 Sunnah Saat Idul Adha

Dalam merayakan Hari Raya Idul Adha, ada beberapa amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Amalan-amalan ini tidak hanya meningkatkan keimanan dan ketakwaan, tetapi juga memperkuat ikatan sosial di antara sesama umat Muslim.

Begini Bacaan Niat Kurban untuk Diri Sendiri dan Keluarga

ibadah kurban sarat akan nilai-nilai spiritual yang mendalam. Maka dalam melaksanakannya, niat menjadi kunci utama untuk meraih pahala dan kesempurnaan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS