Sabtu, 29 Juni 2024
BerandaNewsMiliterTNI AL Gagalkan Penyelundupan TKI Ilegal di Dumai

TNI AL Gagalkan Penyelundupan TKI Ilegal di Dumai

HOLOPIS.COM, RIAU – TNI AL (Angkatan Laut) melalui Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Pangkalan TNI AL (Lanal) Dumai bersinergi dengan instansi membongkar adanya upaya penyelundupan tenaga kerja ilegal di wilayahnya.

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel menjelaskan, penungkapan tersebut bermula ketika petugas mendapatkan adanya informasi percobaan penyelundupan pemulangan PMI non prosedural menuju Indonesia.

“Diduga PMI non prosedural itu dibawa melalui jalur ilegal dari Malaysia menuju Indonesia di Pesisir Jl. Dumai Pakning, Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai,” kata Boy Yopi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (24/5).

Dari informasi tersebut tim F1QR bergerak menuju sasaran dan mendapati para PMI non prosedural telah mendarat di pantai, namun ada 1 orang yang melarikan diri ke perkebunan sawit.

Penerbit Iklan Google Adsense

Setelah dilaksanakan pengejaran dan penyisiran Tim F1QR Lanal Dumai berhasil mengamankan sejumlah sembilan orang PMI non prosedural berjenis kelamin laki-laki.

Selain itu, ditemukan sejumlah barang bukti dua unit sepeda motor roda dua diduga milik pengurus PMI non prosedural, tujuh buah KTP, 10 unit HP serta tiga buah pasport.

“Mereka selanjutnya dibawa ke Mako Lanal Dumai untuk dilaksanakan pendataan, pengecekan barang bawaan dan pengecekan kesehatan,” imbuhnya.

Berdasarkan pemeriksaan awal diketahui bahwa PMI non prosedural yang berasal dari Lombok, Jawa Tengah, Aceh, Sulawesi Barat dan Jambi. Mereka diketahui berangkat dari Pahang Malaysia menuju Indonesia melalui jalur ilegal menggunakan transportasi laut speed pancung mesin 200 PK (3 unit) dengan biaya sebesar RM. 1.000 s.d. RM. 3.000,- atau sebesar Rp. 4.500.000 s.d Rp. 10.000.000.

“Mereka menyetor uang itu kepada agen di malaysia. Kemudian setelah tiba di Pantai Pelintung Dumai Prov. Riau para PMI akan dijemput mobil, diantar ke terminal dan selanjutnya kembali ke daerah masing-masing,” jelasnya.

Setelah dilaksanakan pemeriksaan, seluruh PMI dinyatakan dalam kondisi sehat dan selanjutnya diserahkan kepada pihak Pos Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P4MI) Dumai untuk proses lebih lanjut. Selanjutnya penyerahan PMI non prosedural tersebut kepada pihak P4MI Dumai untuk proses lebih lanjut.

“Sinergitas Tim F1QR Lanal Dumai dan pihak P4MI Dumai dalam mengamankan PMI non prosedural ini merupakan salah satu bentuk upaya kesiap-siagaan dalam menghadapi berbagai ancaman Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah kerja Lanal Dumai,” tegasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Jamin Keselamatan Penerbangan, Komando Sektor III TNI AU Perkuat Koordinasi dengan LPPNPI

Komando Sektor (Kosek) III TNI Angkatan Udara (AU) telah berkomitmen untuk menjalin koordinasi dengan Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) untuk menjamin keselamatan penerbangan di Indonesia.

Cegah Karhutla, TNI AU Bantu Operasi Modifikasi Cuaca di RIAU

TNI AU (Angkatan Udara) turut serta membantu Operasi Modifikasi Cuaca (OMC) di Provinsi Riau, yang resmi dibuka di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, pada Rabu (26/6) lalu.

Satgas TNI Gagalkan Penyelundupan BBM dan Motor di Perbatasan Papua Nugini

Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 122/TS menggagalkan upaya penyelundupan barang ilegal ke wilayah Indonesia.

Panglima TNI Bahas Kerjasama Siber dengan Kepala Staf Pertahanan Italia

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan pertemuan dengan Kepala Staf Pertahanan Italia (Chief of Defence Staff) Admiral Giuseppe Cavo Dragone.

TNI AL Gagalkan Penyelundupan PMI Ilegal di Dumai

TNI AL (Angkatan Laut) melalui Tim Fleet One Quick Respons (F1QR) Pangkalan TNI AL (Lanal) Dumai sukses menggagalkan upaya penyelundupan pekerja migran illegal.

Panglima TNI Sumringah Hadiri Pameran Alutsista di Perancis

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan kunjungan kerjanya ke negara Perancis untuk memenuhi undangan Panglima Angkatan Bersenjata Perancis General Thierry Burkhard.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS