BerandaNewsRagam812 Warga Terdampak Banjir di Kabupaten Luwu utara

812 Warga Terdampak Banjir di Kabupaten Luwu utara

HOLOPIS.COM, SULSEL – Bencana banjir melanda ratusan rumah warga yang ada di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan sejak Kamis (23/5).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur.

“Debit air yang tinggi kemudianmemicu luapan Sungai Baliase hingga masuk ke pemukiman warga,” kata Abdul Muhari dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (24/5).

Abdul kemudian mengungkapkan bahwa setidaknya ada sebanyak 812 jiwa atau 437 KK terdampak banjir. Adapun limpasan air ini melaju hingga ke empat desa yakni Desa Kapidi, Desa Cendana Putih 2, Desa Ujung Mattajeng dan Desa Tara Tallu di Kecamatan Mappedeceng.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Hasil asesmen sementara, terdapat 437 rumah tergenang air dengan ketinggian berkisar antara 30-100 sentimeter,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Abdul mengatakan bahwa banjir juga berdampak pada empat fasilitas pendidikan, delapan fasilitas ibadah, satu kantor desa, dan 200 hektar lahan pertanian warga.

Sebagai bentuk respon cepat, BPBD Kabupaten Luwu Utara bersama unsur TNI-Polri, aparat desa, dan relawan melakukan evakuasi dan penanganan darurat dilokasi.

Pemerintah setempat juga telah melakukan perpanjangan Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Alam Banjir No. 100.3.3.2/172/IV/2024 selama 90 hari, terhitung mulai tanggal 07 April s/d 05 Juli 2024.

“Hingga kini, kondisi air sudah mulai berangsur surut,” imbuhnya.

Menyikapi hal ini, Abdul kemudian menghimbau kepada warga untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan potensi risiko bencana hidrometeorologi.

Apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi lama diharapkan warga yang tinggal di sekitar aliran sungai untuk dapat melakukan evakuasi secara mandiri ke tempat yang lebih aman.

“Selain itu, mengingat sudah mulai memasuki peralihan musim, hendaknya untuk membekali informasi seputar prakiraan cuaca melalui InfoBMKG dan potensi risiko bencana melalui InaRISK BNPB,” imbaunya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Jokowi Ajak Masyarakat Doakan Pemulihan Prabowo Subianto

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengunggah momen kebersamaan dirinya saat tengah menjenguk Menhan Prabowo Subianto yang tengah menjalani perawatan.

Warga Jaksel dan Jaktim Harap Waspada, Ada Potensi Hujan Petir Malam Nanti

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Senin 1 Juli 2024.

Jokowi Bakal Jadi Inspektur Upacara HUT Bhayangkara Hari Ini

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada hari ini, Senin 1 Juli 2024.

Tukang Vila Puncak Susah Tidur, Pj Bupati Bogor Bakal Bongkar Vila tak Berizin

Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu menegaskan bahwa pihaknya tidak akan berhenti dalam melakukan penertiban di kawasan Puncak, Jawa Barat.

Operasi Berjalan Sukses, Prabowo Ucap Terima Kasih ke Masyarakat dan Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto mengungkapkan terima kasih atas doa dan dukungan yang diberikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), serta seluruh...

Paspor Indonesia Bakal Punya Desain Baru, Cek Bocorannya

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM), Silmy Karim mengungkapkan, bahwa pihaknya tengah mempersiapkan desain baru untuk buku paspor Indonesia, termasuk juga pembaruan warna sampulnya.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS