Categories: Polhukam

Presiden Jokowi Peringatkan BPKP Jangan Jadi Penghambat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi (Jokowi) mendorong agar BPKP bisa memiliki peran besar untuk mengawal kesinambungan pembangunan.

Jokowi pun meminta agar keberadaan BPKP di masyarakat justru menjadi penghambat pembangunan di Indonesia dengan aturan yang mereka buat.

“Kalau kita ibaratkan kereta, gerbong kereta, BPKP itu berkontribusi membangun relnya, lurus dan memastikan kereta itu sampai pada tujuan dengan cepat dan tepat, pas, sehingga tidak boleh hanya sekadar memperbanyak lampu merah, “Ini enggak boleh, itu enggak boleh, ini enggak boleh, itu enggak boleh,” bukan itu, atau menambah tanda larangan, “Pokoknya ini tidak, pokoknya ini tidak,” bukan itu. Kalau itu terjadi, ujungnya, ujung-ujungnya justru akan memperlambat, padahal tadi kita ingin keretanya cepat sampai tujuan” kata Jokowi dalam pernyataannya pada Rabu (22/5) seperti dikutip Holopis.com.

“Atau kalau saking ketakutannya, keretanya malah berhenti di tempat,” imbuhnya.

Jokowi pun kemudian berkelakar ketika aturan dari BPKP malah membuat sejumlah pihak malah takut untuk menjalankan proyek pembangunan dan makin menghambat perkembangan.

“*Ditunjuk jadi pimpinan proyek, “Ndak, ndak, ndak, yang lain saja.” Kan lucu. Biasanya rebutan jadi pimpinan proyek. Inilah tujuan agar kereta itu sampai ke tujuan dengan cepat dan pas, tepat,” tegasnya.

Oleh karena itu, Jokowi menekankan agar sasaran kinerja BPKP dan pengawas internal itu bukan lagi ntuk mencari kesalahan, melainkan justru untuk mencegah penyimpangan.

“Untuk mencegah penyimpangan penyimpangan sehingga mestinya diberikan arahan yang benar yang mana, diberikan tuntunan yang tepat yang mana, bukan memasang jebakan, “Wah, ini keliru. Diamkan saja, diamkan saja.” Mestinya dibetulkan di awal, diberitahu di awal, “Ini keliru.” Jangan terbalik,” tegasnya.

Selain itu, BPKP juga dituntut untuk tidak melulu fokusny bukan berapa banyak yang ketahuan melakukan penyimpangan, melainkan berapa banyak yang bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat dari program-program pemerintah.

“(Fokusnya) ke sana, mestinya ke sana,” tandasnya.

Ronald Steven

Share
Published by
Ronald Steven

Recent Posts

Hamas Berniat Bebaskan Sandera, Meski Israel Tak Hentikan Serangan Permanen

Hamas mulai menunjukkan niat mereka untuk melakukan perjanjian dengan Israel terkait sandera yang masih di…

15 menit ago

Penampilan di Minggu Terakhir PRJ 2024, Ada Rizky Febian Hingga Kotak!

Keseruan Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) akan masih terus berlanjut hingga tanggal 14…

30 menit ago

Pemkab Bekasi Lakukan Persiapan Hadapi Anomali Cuaca

Sejumlah persiapan dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi dalam menghadapi ancaman bencana alam…

45 menit ago

Gerindra Anggap Nagita Slavina Sosok Pebisnis Beprestasi

Partai Gerindra menanggapi usulan PKB untuk mengajukan nama Nagita Slavina menjadi pendamping Bobby Nasution di…

60 menit ago

Kejagung Sita 5 Lahan dan Bangunan Milik dan Terafiliasi Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis

Penyidik Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) menyita 5 (lima)…

1 jam ago

Sri Mulyani Nilai Ekonomi Global Masih Lemah, Inflasi Global Masih Tinggi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai perekonomian global masih dalam posisi stagnan lemah. Karena inflasi…

1 jam ago