HOLOPIS.COM, NTT – Dalam upaya mempercepat digitalisasi pasar rakyat, Pemerintah Kabupaten Rote Ndao melalui Badan Pendapatan Daerah bekerja sama dengan Bank NTT meluncurkan sistem digitalisasi e-retribusi pasar.

Peluncuran ini dilaksanakan di Pasar Rakyat Busalangga, Kecamatan Rote Barat Laut, pada Rabu (22/5).

Hadir dalam acara tersebut, Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, Kepala Bank NTT Kantor Cabang Rote Ndao Ade Roni Oematan, Kapolres AKBP Mardiono, Sekda Jonas M Selly, Kepala Bapenda Diksel Haning, dan Kapolsek Rote Barat Laut Ipda Andri Laniardi Pah.

Digitalisasi e-retribusi pasar merupakan sistem informasi online yang mencatat transaksi pembayaran retribusi dari para pedagang. Dengan sistem ini, kualitas pengelolaan retribusi diharapkan meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rote Ndao.

Peluncuran ditandai dengan penyerahan mesin retribusi kepada 5 Kepala UPT Pasar yang tersebar di wilayah Kabupaten Rote Ndao, serta penerapan langsung pembayaran retribusi elektronik yang dipimpin oleh Kepala Bank NTT Kantor Cabang Rote Ndao.

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Bank NTT bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao dalam menerapkan digitalisasi e-retribusi pasar.

“Kita lihat, tentu ini yang pertama kali, tujuannya untuk meningkatkan PAD Kabupaten Rote Ndao. Selanjutnya, pengelolaan retribusi pasar secara digital sudah tiba saatnya untuk dilakukan, kita tinggalkan pemungutan retribusi secara tunai,” ujar Sombu dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com.

Ia menambahkan bahwa kemajuan teknologi akan meminimalisir penyimpangan dalam pemungutan di pasar. Sombu berharap semua pedagang di pasar, serta seluruh UPT Pasar di Kabupaten Rote Ndao, dapat menggunakan digitalisasi e-retribusi sehingga PAD dapat meningkat.

“Kita lihat, selama ini mungkin terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan karena memegang uang tunai. Pola-pola seperti ini harus kita tinggalkan. Terobosan digital ini sangat berguna,” lanjut Sombu.

Sombu juga berterima kasih kepada Bank NTT yang telah membuat terobosan melalui inovasi digitalisasi e-retribusi pasar di Rote Ndao. Menurutnya, Bank NTT merupakan bank kebanggaan masyarakat NTT yang mendukung pemerintah daerah, khususnya Kabupaten Rote Ndao.

“Hari ini kita menyaksikan bersama dengan bapak Kapolres, bapak Sekda, Forkopimda, dan pejabat terkait retribusi. Saya apresiasi terobosan-terobosan yang telah dibuat,” kata Sombu.