BerandaNewsPolhukamKacau! 'Dosa' SYL Banyak Banget, Ini Daftarnya

Kacau! ‘Dosa’ SYL Banyak Banget, Ini Daftarnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Persidangan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo atau SYL mengungkapkan sejumlah fakta dan dugaan baru.

Satu per satu ‘dosa’ yang dilakukan SYL selama menjadi orang nomor satu di Kementan terbongkar dalam rangkaian sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Berikut ini sederet dosa SYL yang dibongkar oleh para saksi yang hadir di persidangan:

1. Makanan Online hingga Laundry

Penerbit Iklan Google Adsense

Salah satu dosa SYL yang terbongkar selama persidangan yakni menggunakan anggaran di Kementan untuk biaya operasional di rumah dinas SYL yang berlokasi di Jalan Widya Chandra V Nomor 28, Kebayoran Baru, Jakarta Pusat.

Saksi dalam persidangan mengungkap anggaran sekitar Rp3.000.000 itu biasanya digunakan untuk membeli makanan secara daring hingga untuk keperluan laundry pakaian.

2. Bayar Uang Jajan Istri

Saksi dalam persidangan yang merupakan mantan pegawai SYL mengungkap, bahwa Kementan harus menyiapkan uang bulanan untuk sang istri SYL, Ayun Sri Harahap.

Bahkan, Kementan juga terkadang harus menyiapkan uang harian untuk kebutuhan rumah SYL, yang dalam hal ini dapat dikatakan sebagai uang jajan sang istri.

2. Reimburse Acara Ultah Cucu

Selain meminta jatah untuk keperluan rumah, dosa lain SYL adalah meminta reimbursement atau pengembalian atas biaya acara ulang tahun (ultah) cucunya yang digelar di Makassar, Sulawesi Utara, dan Jakarta.

3. Bayar Gaji ART

SYL disebut oleh saksi di persidangan menggunakan anggaran Kementan untuk menggaji pembantu atau asisten rumah tangga (ART). Tak sedikit, gaji yang dibayarkan Kementan kepada ART SYL mencapai Rp35 juta.

4. Biayai Kebutuhan SYL Rp2 juta Per Hari

Selain itu, Kementan juga harus membiayai kebutuhan SYL, seperti untuk kebutuhan makan dengan anggaran mencapai Rp2 juta per harinya.

5. Belanja ke Mall

Salah seorang saksi di persidangan mengungkap, bahwa SYL dan putrinya yang merupakan anggota DPR RI kerap berbelanja tiap akhir pekan di pusat perbelanjaan atau mall. Biasanya, mereka belanja pakaian dengan harga minimal Rp10 juta.

6. Beli Lukisan Rp200 Juta

SYL diketahui memakai anggaran Kementan untuk membeli sebuah lukisan karya budayawan Sujiwo Tedjo yang harganya mencapai Rp200 juta.

7. Bayar Dokter Kecantikan / Skincare Anak

Seorang saksi di persidangan mengungkap bahwa SYL kerap menyuruhnya untuk membayar tagihan atas perawatan kecantikan sang anak yakni Indira Chunda Thita Syahrul yang ternyata adalah anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem. Biaya kecantikan sang anggota dewan itu juga menggunakan anggaran dari Kementerian Pertanian.

8. Bayar Biduan Rp50 juta – Rp100 juta

SYL ternyata juga menggunakan uang negara untuk membayar biduan di beberapa acara Kementan, salah satunya biduan Nayunda Nabila. Honor yang diberikan pun terbilang cukup tinggi, yakni sekitar 50-100 juta.

9. Umrah SYL dan Keluarga

Persidangan mengungkap, bahwa para Eselon I di Kementan juga ikut menyokong perjalanan ibadah umrah SYL berserta keluarganya. Adapun anggaran untuk sekali perjalanan mencapai Rp6 miliar.

10. Beli Mobil Anak

SYL terungkap memakai uang setoran dari pejabat Eselon I Kementan untuk membeli mobil anak perempuannya yang bernama Indira Chunda Thita Syahrul (Thita) senilai Rp500 juta.

Baca dosa Syahrul Yasin Limpo lainnya Sesuai Kesaksian di Persidangan, di halaman kedua.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Megawati Kesel ke Yasona Akibat Banyak Kader PDIP Jadi Target

Menkumham Yasonna H Laoly kena semprot Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri atas kinerjanya selama ini.

Tantang Penyidik KPK, Megawati Bakal Bawa Pasukan

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meradang dengan tindakan KPK yang telah memeriksa anak buahnya Hasto Kristiyanto.

Megawati Pusing Liat Ulah Hasyim Ashari

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ikut menanggapi skandal seksual yang dilakukan eks Ketua KPU Hasyim Ashari.

Megawati Kesal dengan Jokowi

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kembali memberikan kritik terbuka kepada Presiden Jokowi (Joko Widodo) dalam menjalankan pemerintahan.

Ganjar dan Ahok Dilantik Jadi Ketua DPP PDIP, Puan : Isi Jabatan Kosong

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menunjuk Ganjar Pranowo dan Basuki Tjahja Purnama atau Ahok mengisi jabatan strategis di partai tersebut.

KPU Ogah Minta Maaf Untuk Skandal Seksual Hasyim Asyari

KPU RI memastikan bahwa pihaknya tidak akan mengajukan permintaan maaf kepada publik atas kasus pelecehan seksual yang dilakukan Hasyim Ashari.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS