BerandaNewsEkobizRasio Utang Awal Pemerintahan Prabowo Dibatasi Maksimal 38,71 Persen

Rasio Utang Awal Pemerintahan Prabowo Dibatasi Maksimal 38,71 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Rasio utang pemerintahan di awal kepemimpinan presiden terpilih, Prabowo Subianto pada tahun 2025 ditetapkan maksimal sebesar 38,71 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Hal itu sebagaimana disampaikan Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Paripurna DPR tentang Penyampaian Pemerintah terhadap Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal, Senin (20/5).

Sri Mulyani menuturkan, penetapan rasio utang tersebut sejalan dengan defisit anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) yang diperkirakan mencapai kisaran angka 2,45 hingga 2,82 persen dari PDB.

Sehingga bendahara itu pun menegaskan, upaya untuk menutup defisit anggaran akan dilakukan dengan mendorong pembiayaan yang inovatif, prudent, dan sustainable.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Ditempuh dengan mengendalikan rasio utang dalam batas manageable di kisaran 37,98 persen-38,71 persen PDB,” kata Sri Mulyani seperti dikutip Holopis.com, Selasa (21/5).

Dalam dokumen KEM-PPKF, disebutkan bahwa rasio utang pemerintah terhadap PDB mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam 10 tahun terakhir.

Adapun rasio utang ini diketahui meningkat 9,14 poin persen pada 2020 menjadi 39,37 persen dari PDB, hal itu karena tingginya kebutuhan pembiayaan untuk program penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PC-PEN).

Kemudian pada tahun 2021, rasio utang kembali maningkat hingga mencapai puncak sebesar 40,73 persen dari PDB, karena masih adanya program PEN.

Namun demikian, seiring dengan terkendalinya situasi pandemi dan perekonomian yang pulih, rasio utang pemerintah melandai menjadi sebesar 39,70 persen pada 2022 dan 38,98 persen pada 2023.

Pada tahun ini, rasio utang pemerintah ditargetkan kembali turun menjadi sebesar 38,26 persen dari PDB.

Adapun penetapan kisaran rasio utang pada KEM-PPKF untuk 2025 diketahui lebih rendah dibandingkan dengan rentang yang ditetapkan dalam rancangan awal rencana kerja pemerintah (RKP) 2025, yang berkisar 39,77 persen hingga 40,14 persen dari PDB.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS