NewsInternasionalPresiden Jokowi : Kolaborasi Kunci Keberhasilan Pengelolaan Air

Presiden Jokowi : Kolaborasi Kunci Keberhasilan Pengelolaan Air

HOLOPIS.COM, BALI – Presiden Jokowi (Joko Widodo) menekankan pentingnya sebuah kolaborasi dalam melakukan pengelolaan air di seluruh dunia.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali pada Senin (20/5).

“Di Indonesia, kolaborasi telah menjadi kunci keberhasilan dalam merestorasi Sungai Citarum serta pengembangan energi hijau, solar panel terapung di Waduk Cirata yang menjadi terbesar di Asia Tenggara dan ketiga di dunia,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com.

Jokowi kemudian menyinggung, sebagai negara dengan luas perairan yang mencapai 65 persen, Indonesia kaya kearifan lokal dalam pengelolaan air, mulai dari sepanjang garis pantai, pinggiran aliran sungai, sampai tepian danau.

“Masyarakat kami memiliki nilai budaya terhadap air. Salah satunya adalah sistem pengairan subak di Bali yang dipraktikkan sejak abad ke-11 yang lalu, dan diakui sebagai warisan budaya dunia,” ungkapnya.

“Selain itu, bagi masyarakat Bali, air adalah kemuliaan yang mengandung nilai-nilai spiritual dan budaya yang harus dikelola bersama-sama,” lanjutnya.

Oleh karena itu, Jokowi menegaskan, sejalan dengan tema yang digunakan dalam tahun ini, yaitu Air Bagi Kemakmuran Bersama, yang bisa dimaknai menjadi tiga prinsip dasar, yaitu menghindari persaingan, mengedepankan pemerataan dan kerja sama inklusif, serta menyokong perdamaian dan kemakmuran bersama.

“Di mana ketiganya hanya bisa terwujud dengan sebuah kata kunci, yaitu kolaborasi. Dengan berkumpulnya kita di Bali hari ini, tentu Indonesia berharap dunia dapat saling bergandengan tangan secara berkesinambungan untuk dapat memperkuat komitmen kolaborasi dalam mengatasi tantangan global terkait air,” ujarnya.

“Mari lestarikan air kita hari ini untuk kesejahteraan bersama di masa depan,” sambungnya.

Ruang Mula

Lainnya
Related

Menlu AS Diskusi dengan Israel dan Hamas, Bagaimana Nasib Gaza?

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken melakukan percakapan dengan pihak Israel dan Hamas untuk membahas rencana gencatan senjata di Gaza.

Presiden Jokowi Diganjar Penghargaan Oleh Pemerintah Palestina

Pemerintah Palestina secara resmi memberikan penghargaan kepada Presiden Jokowi yang bertajuk 'Grand Collar Order of the State of Palestine'.

Kronologi Dokter India yang Diperkosa, Bikin Kegaduhan dan Mogok Kerja

Dunia saat ini sedang dihebohkan kasus pemerkosaan dan pembunuhan seorang dokter di Kolkata India. Seorang dokter di India bernama Dr. Moumita Debnath meninggal dunia karena diduga diperkosa dan dibunuh oleh beberapa pria.

Jalan-jalan ke Jepang? Hati-hati Akan Ada Topan…

Jepang saat ini sedang banyak dilanda marabahaya. Setelah menarik peringatan gempa bumi dahsyat, namun tetap meminta masyarakatnya untuk waspada, kali ini ratusan penerbangan dan kereta api di Jepang sedang dibatalkan akibat topan yang diprediksi menghampiri wilayahnya.