BerandaNewsEkobizSri Mulyani Klaim Permendag Baru Bakal Permudah Persyaratan Impor

Sri Mulyani Klaim Permendag Baru Bakal Permudah Persyaratan Impor

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, bahwa pihaknya menyambut baik diterbitkannya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

Menurutnya, Permendag yang merupakan penyempurnaan Permendag Nomor 36 Tahun 2023 tersebut mempermudah persyaratan impor, yang tentu akan berdampak pada kelancaran aktivitas ekonomi di Pelabuhan.

“Kami menyambut baik perubahan dari Permendag 36/2023 menjadi Permendag 8/2024 yang menyederhanakan proses persyaratan pelepasan kontainer dengan mengubah persyaratan menjadi hanya laporan surveyor,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (18/5).

Sri Mulyani menyebut, terdapat puluhan ribu kontainer yang harus tertahan karena terganjal persetujuan impor (PI) dan pertimbangan teknis (PT), sejak Permendag 36/2023 diberlakukan pada 10 Maret 2024 lalu.

Penerbit Iklan Google Adsense

Sehingga pemerintah melalui berbagai kementerian dan lembaga terkait pun saat ini tengah berupaya untuk mengurangi jumlah kontainer yang masih tertahan di pelabuhan.

“Karena ada 17.304 kontainer di Tanjung Priok dan 9.111 kontainer di Tanjung Perak, laporan surveyor harus segera diselesaikan agar tidak menjadi hambatan,” ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani menuturkan, upaya pengurangan jumlah kontainer di pelabuhan ini tidak bisa jika hanya dilakukan oleh pihaknya di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sendiri.

Menurutnya, upaya tersebut memerlukan kerja sama dengan institusi lain yang terlibat di pelabuhan, seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Badan Karantina, hingga Pelindo.

“Masyarakat nantinya akan tahu bahwa ini adalah hasil koordinasi bersama, jangan sampai terlihat seolah-olah ini hanya tanggung jawab satu institusi saja,” tandas Sri Mulyani.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

IHSG Gacor Jelang Akhir Pekan, Didorong Saham-saham Teknologi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7).

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Dibuka Perkasa di Zona Hijau, Kuat Sampai Akhir?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 27,83 poin atau 0,39 persen ke posisi 7.248,72 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (5/7).

Jelang Akhir Pekan, Harga Emas di Pegadaian Ramai-ramai Naik

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan menjelang akhir pekan, yakni pada hari Jumat 5 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS