BerandaNewsPolhukamTNI Polri Hingga BIN Bakal Gabung di Ops Puri Agung 2024 Amankan...

TNI Polri Hingga BIN Bakal Gabung di Ops Puri Agung 2024 Amankan KTT WWF di Bali

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tiga institusi negara yang cukup strategis, yakni ; Badan Intelijen Negara (BIN), Tentara Nasional Indonesia (TNI) hingga Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melakukan rapat koordinasi dan berkomitmen untuk bersinergi dalam melaksanakan tugas pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum ke 10 atau KTT WWF 10 yang akan diselenggara di pulau dewata, Bali.

Semua unsur yang terlibat dalam operasi pengamanan seperti BIN, TNI dan Polri diharapkan mampu melaksanakan pengamanan seperti yang sudah dilaksanakan selama pergelaran ajang bertaraf internasional lainnya.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, bahwa Polri akan mengerahkan sebanyak 5.791 personel untuk mengamankan World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan berlangsung pada tanggal 18-25 Mei 2024 tersebut.

“Ribuan personel ini akan berada di bawah Operasi Puri Agung 2024, untuk menjaga keamanan penyelenggaraan rangkaian kegiatan World Water Forum 2024. Kita akan menjamin keamanan, keselamatan serta kenyamanan para kepala negara, menteri dan delegasi yang hadir,” ujar Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com hari ini.

Penerbit Iklan Google Adsense

Untuk diketahui, Polri juga berkolaborasi dengan Paspampres, TNI dan BIN, serta Kementerian/Lembaga dan stakeholder terkait untuk memastikan kelancaran keamanan acara kenegaraan tersebut.

Dalam rapat pengamanan tamu negara dan tamu setingkat VVIP untuk WWF Ke-10, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Bambang Ismawan mengingatkan pentingnya koordinasi ketat yang melekat antar-satgas.

“Penekanan yang ingin saya sampaikan, setelah saya sudah mendengarkan paparan oleh para Dansatgas yang ada di sini mengenai pengamanan-nya, inilah pentingnya kita koordinasi ketat dan melekat antar-satgas,” kata Bambang.

Sementara itu, Kapolda Bali Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra mengatakan, bahwa Polri melibatkan satuan kewilayahan berkoordinasi dengan TNI dan stakeholder terkait lainnya melaksanakan operasi kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Tri Brata Agung-2024 dalam rangka pengamanan kegiatan konferensi tingkat tinggi 10th World Water Forum 2024.

“Operasi dilaksanakan selama sepuluh hari dari tanggal 17-26 Mei 2024 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung penegakkan hukum, siber dan kehumasan dalam rangka pemeliharaan Kamtibmas untuk menjamin keamanan dalam pelaksanaan WWF 2024 sehingga berjalan dengan aman, tertib, lancar dan sukses,” ungkap Kapolda Bali.

Dirinya menjelaskan, pengamanan WWF dilaksanakan hampir sama dengan pengamanan G20.

Di sisi lain, Badan Intelijen Negara (BIN) sebelumnya telah banyak terlibat dalam berbagai penyelenggaraan event besar level internasional, seperti KTT G20, KTT ASEAN ke -42 di Labuan Bajo, hingga KTT ASEAN ke-43 di Jakarta dan KTT AIS. Sinergitas antara BIN, TNI dan Polri, sudah terbukti mampu memberikan rasa aman kepada para delegasi.

Indonesia sekali lagi mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah even berstandar Internasional. Aparat keamanan berkolaborasi untuk mengamankan gelaran Forum Air Dunia ke-10 atau 10th World Water Forum di Bali pada 18 – 25 Mei 2024, yang dihadiri oleh kepala negara, delegasi dan para stakeholder terkait.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Diperiksa KPK, Dirut PT Adidaya Tangguh Dicecar Masalah Izin Tambang

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur Utama PT Adidaya Tangguh, Eddy Sanusi dicecar oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait sejumlah masalah di Pemerintah Provinsi Maluku...

Jokowi Nilai Polri Berperan Sentral di Masyarakat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat HUT Bhayangkara ke-78 kepada seluruh keluarga besar Polri di seluruh Indonesia.

Kasus Ibu Diduga Palsukan Tanda Tangan, Hakim Cecar Anak Kandung Terdakwa

Sidang kasus dugaan pemalsuan tanda tangan surat keterangan waris (SKW) dengan terdakwa Kusumayati kembali bergulir di Pengadilan Negeri Karawang.

Polres Metro Bekasi Turun Tangan Selidiki Kasus Tewasnya Tahanana Di Lapas Bulak Kapal

Polres Metro Bekasi Kota akhirnya turun tangan selidiki kasus atas tewasnya ZAN (26), tahanan titipan Kejaksaan Negeri  asal Tapanuli Tengah di Lapas Kelas IIA Bulak Kapal Bekasi.

Firli Bahuri Yakin Polisi Nggak Punya Bukti Pemerasan

Firli Bahuri hingga saat ini bersikeras bahwa polisi tidak pernah mempunyai bukti pemerasan terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Luhut Sebut Sekjen PKS Sakit Jiwa

Menko Marinvest Luhut Binsar Pandjaitan ikut menanggapi tuduhan Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi mengenai Presiden Jokowi cawe-cawe di Pilkada Jakarta.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS