Categories: Polhukam

Kemensos dan Basarnas MoU Perkuat Penyelenggaraan Operasi Pencarian dan Pertolongan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini dan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsdya TNI Kusworo menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepemahaman bersama.

Kontrak kerja sama ini dilakukan terkait penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan (SAR).

Agenda penandatanganan MoU tersebut berlangsung di Ruang Serba Guna Dono Indarto Lantai 15 Gedung Basarnas, Jl Angkasa Blok B. 15 Kav. 2-3 Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (14/5).

Sebelum penandatanganan, rombongan Menteri Sosial disambut Kabasarnas dan para Pimti Madya di loby Gedung Basarnas. Selanjutnya, rombongan mengunjungi Basarnas Command Center (BCC) di lantai 11. Di tempat itu, Kabasarnas menjelaskan proses operasi SAR yang dilaksanakan oleh Kantor SAR di seluruh tanah air, mulai dari informasi diterima, pengerahan personil dan peralatan, hingga operasi dinyatakan selesai.

“Dalam melaksanakan tugasnya di bidang pencarian dan pertolongan, Basarnas didukung Potensi SAR. Salah satunya dari Kementerian Sosial dengan Taruna Tanggap Bencana atau Tagana,” tegas Kabasarnas Marsdya TNI Kusworo dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com hari ini.

Dijelaskan juga, bahwa penandatanganan kesepahaman kerja sama berdurasi 5 tahun tersebut sebagai penguat dan pengembangan sinergitas antara Kementerian Sosial dan Basarnas.

“Selama ini, kerja sama kami di lapangan sangat baik, apresiasi saya buat Tagana yang selalu sigap pada berbagai penyelenggaraan operasi SAR di seluruh tanah air,” ujarnya.

Tidak hanya dukungan pada operasi SAR semata, tetapi juga mencakup peningkatan kapabilitas sumber daya manusia melalui pelatihan dan latihan SAR, pemanfaatan sumber daya, pertukaran data dan/atau informasi, serta kerja sama teknis bidang SAR lainnya. Proses penandatanganan tersebut disaksikan para pimpinan tinggi madya dan pratama dari Basarnas maupun dari Kementerian Sosial.

“Semoga, kolaborasi yang baik antara Basarnas dengan Kementerian Sosial selama ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam sambutannya memberikan semangat kepada Basarnas. Ia meminta agar Basarnas dan seluruh jajarannya bekerja sunggunh-sungguh demi kepentingan bangsa dan negara.

“Basarnas itu rame ing gawe, sepi ing pamrih (banyak kerja tanpa pamrih – Bahasa Jawa red). Saya tahu dan paham bagaimana Basarnas bekerja di lapangan,” kata Risma.

“Saya berharap Basarnas jangan kecil hati, harus terus bergerak, terus berjuang, dan terus memberikan pelayanan SAR yang terbaik kepada masyarakat, saudara-saudara kita yang mengalami musibah,” pungkas politisi PDIP yang juga mantan Walikot Surabaya itu.

Muhammad Ibnu Idris

Penikmat sambal matah dan sambal bajak.

Share
Published by
Muhammad Ibnu Idris

Recent Posts

Badminton Asia Junior Championship 2024 : Richie Gagal ke Final Usai Disikat Wakil China

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Tunggal putra Indonesia Richie Duta Richardo gagal melangkah ke final Badminton Asia…

10 menit ago

Hujan Deras, Turap Dinding Tol JORR Bintaro Longsor

HOLOPIS.COM, TANGSEL - Akibat hujan deras turap dinding di bantara ruas Tol JORR, di Jalan…

25 menit ago

Kaesang Buka Komunikasi ke Seluruh Parpol Untuk Persiapan Pilkada

Ketua Umum PSI (Partai Solidaritas Indonesia) Kaesang Pangarep mengungkapkan bahwa sampai saat ini pihaknya masih…

40 menit ago

Badminton Asia Junior Championship 2024 : Darren/Bernadine Tembus ke Final!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Indonesia berhasil meloloskan satu wakilnya ke babak final Badminton Asia Junior Championship…

55 menit ago

KOI : Gak Jalan lagi, Defile Olimpiade Paris 2024 akan di Atas Kapal!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Olimpiade Paris 2024 sudah di depan mata, Ketua Umum Komite Olimpiade (KOI)…

1 jam ago

Motor Listrik Yamaha EMF Terbaru Diluncurkan, Punya Daya Tempuh 65 Km

Motor listrik Yamaha EMF 2024 resmi diluncurkan, dengan warna spesial terbaru berupa penambahan aksen livery…

2 jam ago