Categories: Ekobiz

Chatib Basri Sebut Defisit APBN Bisa Tembus Rp 300 Triliun Imbas Konflik Timur Tengah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mantan Menteri Keuangan (Menkeu), Chatib Basri menyoroti konflik geopolitik berkepanjangan yang terjadi di Timur Tengah saat ini.

Dia mengatakan, konflik yang melibatkan negara-negara Arab yang dikenal dengan kilang minyaknya itu memiliki dampak yang luar biasa bagi Indonesia, utamanya dari sisi perekonomian.

Ia menyebut konflik yang terus-menerus terjadi akan membuat defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) semakin melebar hingga Rp 300 triliun, seiring dengan naiknya minyak dunia.

Ia mengatakan, bahwa kenaikan defisit APBN yang signifikan itu dikarenakan beriringan dengan naiknya harga minyak dunia.

“Skenario paling buruk adalah defisit bisa sampai Rp 300 triliun. Israel-Iran, Timur Tengah, semua negara Arab terlibat, implikasinya harga minyak naik,” kata Chatib dalam acara Grab Business Forum di Jakarta, Selasa (14/5) seperti dikutip Holopis.com.

Ia memprediksi berlanjutnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah, membuat harga minyak dunia dapat mencapai US$ 64 per barel. Hal ini membuat beban subsidi BBM semakin meningkat.

Menurut analisisnya, setiap harga minyak dunia mengalami kenaikan US$ 1 per barel, defisit APBN Indonesia bakal meningkat sebesar Rp 5,8 triliun.

“Kalau naik US$ 64 dolar, tinggal dikali saja. Kira-kira bebannya akan naik sebesar itu, ini skenario terburuk,” ujar mantan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengingatkan perihal kondisi geopolitik dunia, khususnya Pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) yang akan berlangsung pada November 2024 mendatang.

Sebab, pemilu presiden di negara yang diketahui tengah terlibat perang dingin dengan China itu, banyak atau sedikitnya akan berdampak terhadap kinerja perekonomian Indonesia.

“Dukungan akan muncul kalau kita agak galak ke negara lain, salah satunya China. Jangan surprise menjelang November (Pemilu AS), Biden dan Trump bikin statement yang bisa memprovokasi China dalam konteks itu, itu yang harus diperhatikan,” pesannya.

Khoirudin Ainun Najib

Share
Published by
Khoirudin Ainun Najib

Recent Posts

Kunci Gitar Masih Hatiku – Arsy Widianto, Tiara Andini Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Dunia musik Indonesia kembali bergemuruh dengan perilisan lagu kolaborasi terbaru dari Arsy…

1 menit ago

Jokowi Tak Kunjung Tanda Tangani Pemberhentian Hasyim Asyari

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengaku belum menandatangani Keppres pemberhentian Hasyim Ashari dari posisi Ketua KPU…

31 menit ago

Kunci Gitar Lampu Kuning – Juicy Luicy Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Grup musik pop Indonesia, Juicy Luicy, kembali memanjakan para penggemarnya dengan merilis…

1 jam ago

Park Seo Joon Akan Bintangi Drakor Romantis Baru, Apa Ya Judulnya?

Aktor Korea Selatan Park Seo Joon akan membintangi drama romantic terbaru yang berjudul Waiting for…

2 jam ago

Kunci Gitar Kata Mereka Ini Berlebihan – Bernadya Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Penyanyi muda berbakat, Bernadya, kembali menggebrak industri musik Indonesia dengan merilis single…

2 jam ago

Pegi Setiawan Bebas, Mabes Polri Bakal Evaluasi Penyidik

Mabes Polri menegaskan akan melakukan evaluasi menyeluruh pasca putusan praperadilan yang membebaskan Pegi Setiawan.

3 jam ago