Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizKondisi Keuangan Konsumen : Proporsi Pendapatan untuk Konsumsi Masih Tinggi

Kondisi Keuangan Konsumen : Proporsi Pendapatan untuk Konsumsi Masih Tinggi

HOLOPIS.COM,JAKARTA – Bank Indonesia (BI) merilis informasi terkait kondisi keuangan konsumen, dimana didapati rasio proporsi pendapatan konsumen untuk konsumsi average propensity to consume ratio masih terbilang tinggi.

Berdasarkan hasil survei konsumen pada periode April 2024, didapati rasio proporsi pendapatan untuk konsumsi berada di angka 73,6 persen. Menurut BI, angka tersebut masih terbilang cukup stabil.

“Pada April 2024 rata-rata proporsi pendapatan konsumen untuk konsumsi tercatat relatif stabil dibandingkan dengan proporsi pada bulan sebelumnya,” tulis BI dalam laporan surveinya yang dikutip Holopis.com, Senin (13/5).

Senada, rasio proporsi pembayaran cicilan/utang atau debt to income ratio, dan rasio proporsi pendapatan konsumen yang disimpan atau saving to income ratio juga terbilang stabil, masing-masing sebesar 9,7 dan 16,7 persen.

Lebih lanjut, BI juga melaporkan bahwa rerata porsi konsumsi terhadap pendapatan terpantau relatif stabil, utamanya pada konsumen dengan pengeluaran Rp 2,1-4 juta dan >Rp 5 juta per bulan.

Sementara porsi tabungan terhadap pendapatan terindikasi meningkat pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 1-2 juta dan Rp 4,1-5 juta per bulan.

Dalam survei yang sama juga didapati Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2024 berada dalam zona optimis (>100) pada level 127,7.

Hasil survei konsumen dari BI ini mengindikasikan adanya keyakinan yang tetap kuat, bahkan cenderung meningkat terhadap kondisi ekonomi Indonesia dalam 6 bulan ke depan.

“Meningkatnya keyakinan konsumen pada April 2024 didorong oleh menguatnya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK),” tulis survei tersebut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.