BerandaNewsHajiHaedar Nashir Minta Jemaah Haji Kembali Luruskan Niat

Haedar Nashir Minta Jemaah Haji Kembali Luruskan Niat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir meminta seluruh jemaah haji Indonesia untuk kembali meluruskan niatnya, bahwa mereka melaksanakan ibadah haji semata-mata hanya karena Allah SWT.

Menurut Haedar, ibadah haji merupakan ibadah yang berat dalam prosesnya. Dimana dalam melaksanakannya, tidak hanya dibutuhkan kesiapan, tetapi juga kesiapan fisik, termasuk kesehatan jasmani.

Namun ia meyakini, seluruh proses yang berat itu akan terlaksana dengan lancar dan baik, dengan adanya keikhlasan para jemaah untuk beribadah hanya kepada Allah SWT.

“Seluruh proses insya Allah dapat dijalani dengan hati yang tuma’ninah bilamana dilandasi keikhlasan,” kata Haedar seperti dikutip Holopis.com dari laman resmi Muhammadiyah, Minggu (12/5).

Penerbit Iklan Google Adsense

Lebih lanjut, Pimpinan tertinggi organisasi Islam tertua di Indonesia itu juga mengingatkan kepada para jemaah, bahwa haji bukan hanya soal gelar ataupun atribut semata. DItegaskannya bahwa ibadah haji merupakan ibadah yang menuntut adanya kepasrahan kepada Sang Pencipta.

“Dalam menunaikannya untuk meraih ridha dan karunia Allah SWT, disertai segala kegiatan yang seksama sesuai yang disyariatkan Islam dan pelaksanaannya sejalan ketentuan yang berlaku,” tandasnya.

Sebagai informasi, Kementerian Agama (Kemenag) telah melepas keberangkatan 388 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG-01) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), pada hari ini, Minggu (12/5).

Dalam kesempatan itu, Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut berpesan agar jemaah menata ulang kembali niatnya. Menag berharap jemaah fokus untuk beribadah haji.

“Kami mengingatkan ke bapak ibu sekalian agar niatnya ditata dengan benar. Niat Bapak Ibu ke tanah suci itu beribadah. Tolong jangan selipkan niat-niat lain selain niat ibadah haji di Tanah Suci,” ucap Gus Yaqut kepada para jemaah.

Menag juga kembali mengingatkan pentingnya menjaga fisik, karena cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia.

“Cuaca di Tanah Suci sangat panas. Agar kondisi fisik Bapak Ibu dijaga. Makan yang cukup, minum yang cukup, vitamin juga harus diminum,” ucapnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Menko PMK Nilai Banyak Perbaikan dari Murur sampai Tata Kelola Dam Haji 2024

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M.

93 Ribu Lebih Jemaah dan Petugas Haji Sudah Mendarat di Indonesia

Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda menyampaikan, bahwa hingga tanggal 4 Juli 2024 pukul 21.00 WAS, para jemaah dan petugas haji yang sudah tiba di tanah air mencapai 93 ribu orang lebih.

Jangan Foto Sembarangan di Makam Rasulullah

Widi Dwinanda mengingatkan kepada para jemaah haji Indonesia yang masih di tanah suci, dan melakukan ziarah ke raudhah agar tidak melakukan pelanggaran kebijakan otoritas pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

33 Jemaah Haji Indonesia Dirawat, 6 Ditanazulkan

Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda menyampaikan bahwa saat ini total jemaah haji yang tengah dirawat karena sakit senyak 33 (tiga puluh tiga) orang.

PPIH Fasilitasi Jemaah Sakit KKHI Ziarah ke Nabawi

Membawa jemaah tersebut berziarah ke Raudhah merupakan ikhtiar petugas melayani para tamu Allah memperoleh kesempatan beribadah dan berdoa di tempat mustajab tersebut.

Alhamdulillah, 66 Ribu Lebih Jemaah Haji Tiba di Tanah Air

Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda menyampaikan, bahwa dalam fase pemulangan jemaah haji Indonesia, hingga tanggal 30 Juni 2024 pukul 21.00 WAS, setidaknya ada 66 ribu lebih yang sudah mendarat di tanah air.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS