BerandaIslampadAmalan Sebelum Tidur Sebagai Pengantar Mimpi Indah

Amalan Sebelum Tidur Sebagai Pengantar Mimpi Indah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia. Namun bagi umat Islam, momen sebelum tidur tak hanya sekedar melepas lelah, tapi juga kesempatan untuk beribadah dan memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Melaksanakan amalan sebelum tidur dalam Islam tak hanya akan membuat Anda tidur lebih nyenyak, tetapi juga membawa ketenangan hati dan keberkahan, yang mengantarkan Sobat Holopis dalam menjemput mimpi yang indah.

Yuk, simak beberapa amalan yang dianjurkan sebelum tidur:

1. Membaca Doa Sebelum Tidur

Penerbit Iklan Google Adsense

Mengucapkan doa sebelum tidur adalah amalan yang paling utama. Doa ini memohon perlindungan kepada Allah SWT dari gangguan setan dan mimpi buruk. Berikut bacaan doa sebelum tidur beserta artinya:

بِسْمِكَ اللَّهُمَّ أَضْعُ جَنْبِي وَأَفْوِضُ أَمْرِي إِلَيْكَ، إِنْ أَمِتَّ فَتَوَفَّنِي بِوَجْهِكَ الْكَرِيمِ، وَإِنْ أَقُظْتَ فَأَحْفَظْنِي بِحِفْظِكَ الَّوَكِيلِ

Latin: Bismillaahi rabbi udhu’u bi ka min sharri nafsi wa min sharri syaythaanir rajim.

Artinya: “Dengan nama Allah aku membaringkan tubuhku, dan aku menyerahkan urusanku kepada-Mu. Jika Engkau wafatkan aku, maka wafatkanlah aku dalam keadaan baik (masuk Islam) dan jika Engkau hidupkan aku, maka jagalah aku dengan penjagaan-Mu yang tiada henti.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Berwudhu

Berwudhu sebelum tidur dianjurkan Rasulullah SAW. Selain membersihkan diri dari hadas kecil, wudhu juga dapat mensucikan hati dan jiwa sebelum beristirahat.

3. Berbaring Miring ke Kanan

Rasulullah SAW menganjurkan untuk tidur dengan posisi berbaring miring ke kanan. Posisi ini dianggap lebih menyehatkan dan memudahkan dalam berdoa. Posisi pula tangan pada pipi kanan, seperti yang disunnahkan Rasulullah SAW ketika hendak tidur.

4. Membaca Ayat Kursi dan Surat Pendek

Membaca Ayat Kursi dan surat-surat pendek seperti Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas sebelum tidur dapat menjadi benteng dari gangguan setan dan mimpi buruk.

5. Mengingat Allah SWT (Dzikir)

Mengingat Allah SWT sebelum tidur dapat membuat hati menjadi tenang dan tentram. Bacalah dzikir seperti tasbih (Subhanallah), tahmid (Alhamdulillah), dan tahlil (Laa ilaaha illallaah) hingga Sobat Holopis merasa mengantuk.

6. Menyebut Nama Allah SWT dan Membaca Basmalah

Membiasakan mengucapkan “Bismillah” (Dengan menyebut nama Allah) sebelum memadamkan lampu dan meletakkan sesuatu di dekat tempat tidur dapat menjadi benteng dari gangguan setan.

7. Menutup Tempat Tidur dan Membasuh dengan Air

Menutup tempat tidur dengan kain tipis atau sprei dapat mencegah gangguan serangga. Selain itu, Rasulullah SAW menganjurkan untuk membasuh tempat tidur dengan air sambil menyebut nama Allah SWT jika Sobat terbangun di malam hari karena khawatir adanya gangguan setan.

8. Membaca Istighfar dan Mengucapkan Kata Maaf

Sebelum tidur, dianjurkan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT atas kesalahan yang dilakukan di siang hari. Selain itu, mintalah maaf kepada orang lain jika Sobat memiliki kesalahan terhadap mereka.

9. Niatkan Tidur untuk Ibadah

Niatkan tidur untuk memperkuat keimanan dan ketaatan beribadah kepada Allah SWT, dan untuk mengumpulkan energi untuk beribadah di keesokan harinya.

Dengan menjalankan amalan-amalan sebelum tidur dalam Islam, Anda akan mendapatkan ketenangan, terhindar dari gangguan setan, dan bangun dengan perasaan segar serta siap menjalani aktivitas di hari berikutnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Manfaat Shalat Tahajud: Kebiasaan yang Mengubah Hidup

Shalat Tahajud adalah shalat sunnah yang dilakukan pada waktu malam setelah tidur. Shalat ini memiliki keistimewaan tersendiri karena dikerjakan di waktu yang sangat sunyi, di mana kebanyakan orang sedang terlelap tidur.

9 Sunnah di Hari Jumat

Hari Jumat memiliki kedudukan istimewa dalam agama Islam, di mana umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan beberapa amalan sunnah sebagai bentuk penghormatan dan keistimewaan terhadap hari tersebut.

Tawaf Wada: Perjalanan Pamungkas Jemaah Haji

Tawaf Wada adalah salah satu dari ritual penting dalam ibadah haji yang dilakukan oleh jemaah saat akan meninggalkan Kota suci Makkah setelah menunaikan semua rukun haji lainnya.

Shalat Jumat Wajib, Meninggalkan Tanpa Alasan Syar’i Berdampak Buruk Pada Keimanan

Selain karena ibadah mahdlah, shalat Jumat juga memiliki manfaat sebagai ibadah muamalah, karena dilaksanakan dengan cara berjamaah.

Hey Muslimin Muslimah, Jangan Lupa Baca Surat Yasin di Malam Jumat

Surat Yaasin (Yasin) adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki kedudukan istimewa dalam kehidupan umat Islam. Surat ini terletak di juz ke-22 dan terdiri dari 83 ayat.

6 Sunnah Saat Idul Adha

Dalam merayakan Hari Raya Idul Adha, ada beberapa amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Amalan-amalan ini tidak hanya meningkatkan keimanan dan ketakwaan, tetapi juga memperkuat ikatan sosial di antara sesama umat Muslim.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS