BerandaNewsInternasionalBNPT Gelar Ops Intelijen Kawal WWF 10 di Bali

BNPT Gelar Ops Intelijen Kawal WWF 10 di Bali

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Bagian Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Teknologi Informasi BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) Letkol Sus. Tjandra Sulistiyono menyampaikan, bahwa pihaknya tengah melakukan operasi intelijen di Bali.

Selain di Bali sebagai sentral pelaksanaan World Water Forum Ke-10 (WWF 10), BNPT juga melakukan ops yang sama di daerah-daerah penyanggah seperti ; Nusa Tenggara Barat dan Jawa Timur.

“BNPT tentunya selalu berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka deteksi dini agar World Water Forum Ke-10 dapat berjalan dengan aman dan lancar,” kata Letkol Sus. Tjandra dalam keterangannya, Sabtu (11/5) seperti dikutip Holopis.com.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa BNPT tengah melakukan patroli siber terhadap media sosial yang berpotensi mengancam pelaksanaan World Water Forum. Hal itu dilakukan agar Forum Air Dunia 2024 dapat berjalan aman dan lancar.

Penerbit Iklan Google Adsense

Tjandra menambahkan bahwa BNPT turut menggelar serangkaian Rapat Koordinasi (Rakor) Komunitas Intelijen guna mengantisipasi terjadinya tindak pidana terorisme. Di samping itu, BNPT melakukan operasi bina masyarakat terhadap mantan narapidana terorisme (napiter) yang sudah kembali bebas ke tengah masyarakat.

“Kegiatan itu sebagai upaya mencegah terjadinya aksi tindak pidana terorisme,” katanya.

Pada dasarnya, kata dia, ada empat tujuan operasi bina masyarakat tersebut. Pertama, mengidentifikasi sasaran deradikalisasi mantan napiter dan orang atau kelompok orang terpapar di wilayah Bali dan sekitarnya, termasuk NTB, Jatim, dan Sulawesi Selatan.

Kedua, memberikan penguatan wawasan keagamaan serta kebangsaan kepada sasaran deradikalisasi. Ketiga, memberikan dukungan kewirausahaan kepada sasaran deradikalisasi.

“Keempat, melakukan monitoring geografis, sosiologis, dan ideologis sasaran deradikalisasi,” imbuh Tjandra.

BNPT RI dipercaya sebagai anggota penanggung jawab bidang keamanan dan kesehatan, sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 13 Tahun 2024 tentang Panitia Nasional Penyelenggara World Water Forum Ke-10.

World Water Forum tahun ini akan dilaksanakan di Bali pada tanggal 18–25 Mei 2024 dengan tema Water for Shared Prosperity atau Air untuk Kesejahteraan Bersama. (ANTR)

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Apresiasi Tinggi untuk Densus 88 di Balik Pertobatan JI

Khoirul Anam mengapresiasi Densus 88 Anti Teror Mabes Polri yang dinilainya berhasil mengukir sejarah baru dengan menyadarkan kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) untuk membubarkan diri dan kembali ke pangkuan NKRI.

Megawati Kesel ke Yasona Akibat Banyak Kader PDIP Jadi Target

Menkumham Yasonna H Laoly kena semprot Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri atas kinerjanya selama ini.

Tantang Penyidik KPK, Megawati Bakal Bawa Pasukan

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meradang dengan tindakan KPK yang telah memeriksa anak buahnya Hasto Kristiyanto.

Megawati Pusing Liat Ulah Hasyim Ashari

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ikut menanggapi skandal seksual yang dilakukan eks Ketua KPU Hasyim Ashari.

Megawati Kesal dengan Jokowi

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kembali memberikan kritik terbuka kepada Presiden Jokowi (Joko Widodo) dalam menjalankan pemerintahan.

Joe Biden Sedang Usaha Perbaiki Image, Setelah Tampil Ngaco di Debat Lawan Donald Trump

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menghadapi momen krusial dalam kampanye pemilihan presiden 2024 setelah penampilan kontroversialnya saat debat melawan Donald Trump...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS