BerandaNewsRagamMitos Atau Fakta Minum Kopi Bikin Susah Tidur

Mitos Atau Fakta Minum Kopi Bikin Susah Tidur

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Minum kopi di malam hari sering menjadi kebiasaan bagi banyak orang yang ingin tetap terjaga dan bertenaga di malam hari. Apalagi jika alasan harus begadang adalah karena demi menyelesaikan pekerjaan atau urusan lainnya.

Namun, pertanyaannya adalah apakah benar minum kopi di malam hari dapat membuat Sobat Holopis tidak mengantuk dan tidak mudah tertidur?

Fakta Kafein Bisa Bikin Terjaga di Malam Hari

Kafein adalah zat stimulan yang terdapat dalam kopi, teh, dan minuman lainnya. Ketika dikonsumsi, kafein bekerja dengan cara menghalangi adenosin, sebuah zat kimia dalam otak yang bertanggung jawab untuk membuat kamu merasa ngantuk. Sebagai gantinya, kafein meningkatkan tingkat neurotransmitter lain, seperti dopamine dan norepinefrin, yang dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan dan meningkatkan mood.

Penerbit Iklan Google Adsense

Meskipun kafein dapat memberikan dorongan energi yang dibutuhkan di malam hari, minum kopi juga dapat memiliki efek yang merugikan terhadap kualitas tidur . Kafein memiliki waktu paruh sekitar 5-6 jam dalam tubuh manusia, yang berarti setengah dari kafein yang dikonsumsi akan tetap ada dalam sistem tubuh setelah 5-6 jam.

Karena itulah, minum kopi di malam hari dapat mengganggu ritme alami tidur Anda, bahkan jika Anda bisa tertidur, kualitas tidur Anda mungkin terpengaruh.

Tiap Tubuh Punya Reaksi yang Berbeda

Toleransi terhadap kafein bervariasi dari satu individu ke individu lainnya. Beberapa orang mungkin merasa dampak kafein lebih kuat daripada yang lain, sementara yang lain mungkin merasa efeknya tidak begitu signifikan. Faktor-faktor seperti metabolisme, berat badan, dan sensitivitas individu dapat memengaruhi bagaimana tubuh bereaksi terhadap kafein.

Meskipun aman, tetap penting untuk memperhatikan dosis dan waktu konsumsi kafein dan pastikan Sobat Holopis tetap memprioritaskan tidur yang berkualitas untuk kesehatan ya!

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru Islam harus menjadi ajang untuk perenungan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merawat nasionalisme dan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa.

Lokasi SIM Keliling Hari Senin 8 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 8 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia karena kemudahan dalam penyajiannya dan rasa yang nikmat.

Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Bencana banjir melanda ribuan rumah warga di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Sejumlah Bangunan di Kabupaten Batang Rusak Pasca Gempa

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Batang dan sekitarnya.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS