Mitos Minum Air Es Bisa Bikin Gendut, Benar nggak sih?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sobat Holopis pasti pernah mendengar mitos, minum air es dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Namun, benar tidak sih mitos tersebut? Dan apakah memang ada dasar ilmiah yang mendukung klaim ini?

Meskipun terdengar tidak masuk akal, namun banyak yang beranggapan demikian. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa air es hanyalah air biasa yang dibekukan sehingga seharusnya tidak mengandung lemak apapun.

Sebenarnya mitos atau tidak ya?

Fakta : Tidak Ada Hubungan Langsung dengan Penambahan Berat Badan

Penelitian ilmiah tidak mendukung klaim bahwa minum air es secara langsung menyebabkan peningkatan berat badan. Air es pada dasarnya tidak mengandung kalori, sehingga tidak dapat menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Pengaruh Terhadap Metabolisme

Meskipun air es mungkin memerlukan sedikit energi tambahan untuk diproses oleh tubuh, efek ini dianggap minimal dan tidak signifikan dalam pengaruh terhadap metabolisme atau penurunan berat badan. Sebaliknya, minum air, baik itu air dingin atau air suhu ruangan, dapat membantu meningkatkan metabolisme sementara melalui proses termogenesis, yang dapat meningkatkan pembakaran kalori.

Justru ternyata minum air, termasuk air es, dapat membantu dalam upaya penurunan berat badan dengan beberapa cara. Pertama, air dapat memberikan rasa kenyang yang dapat membantu mengurangi asupan makanan.

Kedua, minum air dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang merupakan faktor penting dalam pembakaran kalori. Namun, efek ini terutama terkait dengan jumlah air yang dikonsumsi dan bukanlah khusus untuk air es.

Mitos bahwa minum air es membuat gemuk tidak didukung oleh bukti ilmiah yang kuat. Hal yang terpenting adalah Sobat Holopis harus terus menjaga asupan gizi ke tubuh, dan juga olah raga yang cukup.

Jaga kesehatan terus ya!

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

3 Bahan Alami yang Ampuh Mengurangi Ketombe pada Rambut

Ketombe adalah masalah umum yang sering kali mengganggu dan mempengaruhi kesehatan kulit kepala serta penampilan. Berbagai faktor seperti kulit kepala kering, infeksi jamur, atau kurangnya perawatan rambut yang tepat dapat menyebabkan ketombe.

3 Minuman untuk Hilangkan Bau Badan Secara Alami

Baik untuk kesehatan maupun kenyamanan sosial, Sobat Holopis pasti tidak mau memiliki bau badan. Mengendalikan bau badan adalah hal yang penting.

Hilangkan Jerawat dan Jaga Kesehatan Kulit dengan Makan Tomat Tiap Hari

Ahli kecantikan, dr Olivia Kosim menyampaikan bahwa mengonsumsi tomat setiap hari memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kulit, khususnya kaum perempuan yang tengah menjadi acne fighter.

Kekenyangan? Ini 4 Tips Agar Perut Lebih Tenang

Perasaan perut kenyang memang bisa sangat mengganggu, terutama setelah makan dalam jumlah besar atau makanan yang sangat berat.

Ini Waktu yang Tepat untuk Mengirim Lamaran Kerja via Email

Mengirim lamaran kerja adalah langkah krusial dalam mencari pekerjaan. Selain isi dari pesan yang disampaikan, waktu pengiriman juga memiliki peran penting.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Bologna Pastikan Calafiori Tinggalkan Klub

Bologna telah memastikan bahwa Riccardo Calafiori akan meninggalkan klub di bursa transfer pemain musim panas ini. Hal tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh CEO Bologna sendiri yakni Caludio Fenucci.