HOLOPIS.COM, JAKARTA – Borussia Dortmund berhasil melangkah ke babak final Liga Champions 2023/2024, usai sukses menyingkirkan Paris Saint-Germain (PSG). Pencapaian ini pun jadi yang pertama kali sejak terakhir kali lolos pada tahun 2013 silam, dan jadi final ketiga sepanjang sejarah klub.

Sebelumnya diketahui, bahwa Dortmund berhasil mengalahkan PSG pada leg kedua semifinal Liga Champions, dengan skor 1-0 tanpa balas.

Dalam pertandingannya di Parc des Princes, Rabu (8/5) dini hari tadi WIB, satu-satunya gol kemenangan Dortmund tersebut dicetak Mat Hummels.

Hasil kemenangan tersebut pun lantas membawa Borussia Dortmund lolos ke babak final Liga Champions, karena unggul agregar 2-0 atas PSG.

Dengan demikian, pencapaian tersebut jadi yang pertama kali bagi Dortmund sejak terakhir lolos ke final Liga Champions pada tahun 2013 silam, serta jadi yang ketiga kalinya Die Borussen ke final sepanjang sejarah klub.

Pertama kali Borussia Dortmund ke babak final terjadi pada musim 1996/1997, ketika itu mereka bahkan keluar sebagai juaranya dengan mampu mengandaskan perlawanan Juventus 3-1. Prestasi itu jadi yang pertama sepanjang sejarah klub.

Kemudian Dortmund baru bisa melangkahkan kakinya ke babak final Liga Champions pada tahun 2013. Kala itu Die Borussen ditangani Jurgen Klopp.

Namun, pada kesempatan tersebut Borussia Dortmund harus kandas di tangan rival senegaranya yaitu Bayern Munchen dengan skor 1-2.

Kemudian Dortmund saat ini kembali ke babak final Liga Champions musim 2023/2024. Menariknya, final kali ini digelar di London, yang notabene sama dengan edisi 2013 lalu.

Ada pun Borussia Dortmund saat ini hanya tinggal menunggu lawan, dimana ada satu tiket yang masih diperebutkan yakni Real Madrid vs Bayern Munchen yang akan bertanding di Santiago Bernabeu, Kamis (9/5) dini hari WIB.