Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizBI Gandeng MUI Kembangkan Ekosistem Ekonomi dan Keuangan Syariah

BI Gandeng MUI Kembangkan Ekosistem Ekonomi dan Keuangan Syariah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk bekerja sama dalam rangka pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah (eksyar) di Tanah Air. Hal ini diwujudkan dalam Nota Kesepahaman (NK) penguatan kerja sama antar kedua lembaga.

“Bank Indonesia (BI) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) berkomitmen untuk mendukung dan mewujudkan iklim yang kondusif bagi pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah (eksyar) di Indonesia,” kata Direktur Departemen Komunikasi BI, Fadjar Majardi dalam rilisnya yang dikutip Holopis.com, Rabu (8/5).

Adapun kerja sama tersebut mencakup pengembangan instrumen keuangan komersial dan sosial syariah, pengembangan pasar keuangan syariah, pengembangan instrumen moneter syariah, pengembangan UMKM syariah, penguatan ekonomi keumatan, dan penguatan penyelenggaraan jaminan produk halal, serta digitalisasi pengelolaan keuangan syariah.

“Selain itu, kerja sama juga mencakup dukungan penetapan fatwa dan konsultasi memuat prinsip-prinsip instrumen syariah atas serta usulan kebijakan BI yang terkait keuangan syariah,” ujarnya.

Dia menjelaskan NK BI dan MUI yang berlangsung 2024-2028 ini merupakan bagian dari penajaman peran Bank Indonesia sesuai dengan amanat yang tertuang dalam UU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK).

Ke depan, pihaknya berkomitmen untuk terus mempererat kerja sama strategi antar institusi terkait untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui pencapaian Indonesia sebagai pusat industri halal dunia.

“Pemberdayaan ekonomi dan keuangan syariah yang lebih luas diharapkan akan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif dan berkelanjutan,” tutupnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.