Jokowi Ogah Intervensi Kabinet Prabowo-Gibran

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi (Joko Widodo) menanggapi perihal kabar penambahan Kementerian saat pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming mendatang.

Jokowi dalam pernyataannya pada Selasa (7/5) menegaskan, komposisi kabinet adalah kewenangan dan hak prerogatif dari seorang Prabowo Subianto yang telah terpilih menjadi Presiden periode 2024-2029.

“Kabinet yang akan datang ditanyakan dong kepada Presiden, kepada Presiden terpilih. Tanyakan kepada Presiden terpilih, tanyakan kepada Presiden terpilih,” kata Presiden Jokowi dengan tegas seperti dikutip Holopis.com.

Jokowi yang pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta itu pun menegaskan, dirinya tidak akan mengintervensi Prabowo Subianto dalam menyusun kabinetnya nanti.

“Oh enggak, enggak, enggak, enggak. Enggak tanya ke saya kok, enggak bertanya,” tegasnya.

Sebelumnya Partai Gerindra mengakui jika nantinya kabinet Prabowo-Gibran melibatkan banyak pihak. Hal itu dikarenakan pihaknya memang berupaya merangkul semua pihak.

“Dalam konteks negara, jumlah yang banyak itu artinya besar, buat saya bagus. Negara kita kan negara besar. Tantangan kita besar, target target kita besar,” kata Waketum Partai Gerindra, Habiburokhman, Senin (6/5).

“Wajar kalau kita perlu mengumpulkan banyak orang, berkumpul dalam pemerintahan sehingga jadi besar,” imbuhnya.

Habiburokhman menepis pandangan bahwa penambahan pos menteri untuk mengakomodasi dukungan politik. Dia pun menyerahkan kepada Prabowo ihwal wacana penambahan pos kementerian itu.

“Ya itu lah kesalahan cara berpikir, dan nggak apa-apa, jadi masukan bagi kami. Jangan sampai hanya sekadar untuk mengakomodir kepentingan-kepentingan politik,” kata Habiburokhman.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Jokowi Ajak Parlemen Jaga Stabilitas Kawasan Pasifik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa stabilitas kawasan Pasifik menjadi tanggung jawab semua negara yang ada di wilayah tersebut. Apalagi berbagai sektor menjadi sesuatu yang penting untuk dijaga sebagai bagian dari peran kearifan global.

Jokowi Harap Golden Visa Bisa Pancing Investor ke Indonesia

Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan Golden Visa Indonesia, yang ditujukan untuk memudahkan Warga Negara Asing (WNA) untuk berkarya dan berinvestasi di Indonesia.

Prabowo Subianto Optimis Penguatan Kerja Sama dengan Perancis

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menekankan pentingnya peningkatan kerja sama, khususnya di bidang ekonomi dengan negara Perancis.

Jokowi Jadi Saksi Akad Nikah Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi hadir di pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid dan menjadi saksi akad nikah keduanya pada hari ini, Jum’at (26/7).

Prabowo Ingatkan Tugas Berat Menanti Sudaryono

Presiden Terpilih Prabowo Subianto memberikan pesan khusus kepada Sudaryono yang telah dilantik menjadi Wakil Menteri Pertanian.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Bologna Pastikan Calafiori Tinggalkan Klub

Bologna telah memastikan bahwa Riccardo Calafiori akan meninggalkan klub di bursa transfer pemain musim panas ini. Hal tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh CEO Bologna sendiri yakni Caludio Fenucci.