BerandaNewsEkobizJokowi Miris Indonesia Cuma Jadi Pasar di Industri Teknologi

Jokowi Miris Indonesia Cuma Jadi Pasar di Industri Teknologi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku prihatin dengan kondisi Indonesia yang selama ini hanya menjadi pasar di industri teknologi. Hal itu dibuktikan dengan data pengguna perangkat teknologi dan alat komunikasi di Indonesia yang masih didominasi barang-barang impor.

Dia juga turut menyinggung perihal minimnya supplier perangkat asal Indonesia yang mampu menembus produk teknologi dunia. Misalnya untuk perangkat Apple, dimana hanya ada dua dari 320 suplier perangkat Apple di seluruh dunia, yang berasal dari Idnonesia.

Padahal negara lain, seperti Filipina, Malaysia, Thailand, hingga Vietnam memiliki puluhan supplier. Padahal 46 persen Gross domestic product (GDP) kawasan ASEAN berada di Indonesia.

“Memprihatinkan, tapi inilah pekerjaan besar yang harus kita kejar. Negara lain bisa dapat puluhan kita hanya bisa dapat, sekali lagi hanya dapat dua,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (7/5).

Penerbit Iklan Google Adsense

Oleh karena itu, Jokowi meminta semua pihak terkait untuk melakukan upaya meningkatkan kemampuan industri teknologi dalam negeri. Ia menekankan, bahwa Indonesia tidak boleh hanya menjadi pasar semata, tapi menjadi pemain kunci dalam rantai pasok teknologi global.

“Kita tidak ingin menjadi pasarnya mereka. Kita ingin menjadi pemain kunci dalam rantai pasok teknologi global. Tentu saja ini harus ada keberanian, harus ada terobosan-terobosan yang kita lakukan,” tandasnya.

Lebih lanjut, Jokowi berharap Indonesia kedepan dapat terus mengembangkan industri teknologi dalam negeri, dengan menjadikan produsen lokal menjadi pemain di negeri sendiri.

“Inilah yang kita cita-citakan bersama-sama, digitalisasi menjadi basis bagi pengembangan industri dan ekonomi dalam negeri dengan menempatkan produsen lokal menjadi raja di negeri sendiri,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Sri Mulyani Nilai Ekonomi Global Masih Lemah, Inflasi Global Masih Tinggi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai perekonomian global masih dalam posisi stagnan lemah. Karena inflasi global yang tinggi juga seakan 'keras kepala' akibat belum kunjung turun.

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS