BerandaNewsEkobizGlobalisasi Makin Seram, Erick Wanti-wanti Potensi Perang Tarif

Globalisasi Makin Seram, Erick Wanti-wanti Potensi Perang Tarif

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan, bahwa globalisasi di luar semakin tajam dan menyeramkan. Sehingga harus diwaspadai oleh para pelaku ekonomi.

“Kalau kita lihat sekarang globalisasi makin seram, kita sudah bicara melihat bagaimana tahun depan yang namanya ekonomi ini cukup menantang,” kata Erick dalam keterangannya, Minggu (5/5) yang dikutip Holopis.com.

Sebagai buktinya, Erick mengatakan kondisi perekonomian global semakin menantang, dimana sudah terjadi perang tarif antara Eropa, Amerika, dan China.

“Sudah terjadi mulai perang tarif antara Eropa, China Amerika, bukan nggak mungkin kita juga nanti ditarifkan barang-barang kita,” tutur Erick.

Penerbit Iklan Google Adsense

Dia pun mengakui, bahwa perang tarif tersebut menjadi ancaman serius bagi Indonesia. Sebab ia tidak menutup kemungkinan perang tarif itu juga akan dialami oleh Indonesia.

Jika hal tersebut terjadi, lanjut Erick, tentu akan berdampak negatif pada neraca perdagangan Indonesia yang berhasil mencatatkan surplus selama 47 bulan berturut-turut sejak Mei 2020.

“Mereka bisa saja mengenakan tarif akan produk – produk kita. Artinya, (neraca) perdagangan pun, yang tadinya surplus, nanti bisa saja tertekan,” ujarnya.

Erick pun menegaskan, perekonomian membutuhkan sebuah kepastian karena persaingan antar negara ke depan akan menjadi semakin tajam dan kejam.

“Nah di sinilah hal yang saya rasa tahun depan tidak mudah, ekonomi harus menjadi sebuah kepastian dan persaingan pada dunia semakin tajam dan kejam,” tegas Erick.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS