Bahlil Klaim Pembangunan IKN Bisa Genjot Perekonomian Daerah Penyangga

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mengklaim pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) berdampak positif terhadap perekonomian daerah penyangga, seperti Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Utara (Kaltara).

“Sekarang lihat, pertama ekonomi di Kaltara pasti ke depan akan dapat manfaatnya,” kata Bahlil dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (3/5).

Dia mengatakan, bahwa tata kota di IKN sejauh ini merupakan salah satu yang yang terbaik di dunia. Sebab infrastruktur yang ada di IKN hanya sekitar 30 persen saja. Sedangkan sisanya terdiri dari alam.

“Ini salah satu kota terbaik di dunia. Saya disuruh memimpin investasinya,” tutur Bahlil.

Adapun terkait perencanaan investasi di IKN, Bahlil menjelaskan, klaster pertama investasi yang dipimpinnya akan memprioritaskan investor atau pengusaha dalam negeri. Kemudian pada klaster kedua, baru akan diisi oleh investor asing.

Menteri yang juga seorang pengusaha itu mengklaim, pembangunan IKN akan memicu peradaban baru dalam pengelolaan kota dan juga invesetasi.

Dia mengatakan, pihaknya akan membangun pusat kawasan ekosistem industrialisasi dari batu bara dan mendorong sektor hilirisasi pertanian dan perkebunan, serta kelautan.

Nantinya, Kalsel akan menjadi penyangga pertama IKN, dengan bermodal nilai investasi yang sudah masuk sampai saat ini sekitar Rp 7 triliun.

“Di sana kita pakai mobil listrik, yang dari PLTA. Indonesia kita bangun di wilayah-wilayah yang bukan hutan. Dan Kalsel itu masuk dalam investasi kurang lebih hampir Rp 7 triliun,” ungkapnya.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Ogah Buru-Buru Pindah ke IKN, Jokowi : Masa Sidang Kabinet Lesehan

Presiden Jokowi (Joko Widodo) belum bisa memastikan kapan dirinya akan memenuhi janji untuk berkantor di IKN (Ibu Kota Nusantara).

Jokowi Jajal Berkantor di IKN, Tapi Cuma Sebentar

Presiden Jokowi (Joko Widodo) direncanakan akan mulai berkantor di IKN sesuai dengan janji sebelumnya.

Menteri PUPR Sebut Air di IKN Bisa Langsung Diminum dari Keran

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, bahwa kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) telah teraliri oleh air bersih.

KPK Duga Bos Tambang Orang Dekat Bahlil Lahadalia Terlibat Suap Tambang Malut

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak menampik adanya dugaan keterlibatan bos tambang, Setyo Mardanus dalam sengkarut dugaan suap Gubernur Maluku Utara nonaktif Abdul Gani Kasuba terkait pengurusan perizinan tambang di Malut.

Akhirnya, Pembangunan Kantor Presiden di IKN Rampung!

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan, bahwa pembangunan kantor presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah rampung, yang ditandai dengan pemasangan bilah terakhir Garuda di bangunan tersebut.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Tengah.