Viral Emak-emak Emosian, Ini Tips Menghadapi Orang Suka Marah-marah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sobat Holopis pasti pernah melihat kan cuplikan-cuplikan emak-emak yang viral akibat memarahi dan memaki warga yang tak mau memberikan sedekah kepadanya. Namanya adalah Rosmini, warga Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Terkadang, menghadapi orang marah-marah bisa mengganggu kesehatan mental dan juga emosi orang-orang di sekitarnya.

Namun, dengan beberapa strategi yang tepat, agar Sobat Holopis bisa mengelola situasi tersebut dengan lebih baik dan menjaga kedamaian. Hal ini juga bisa membantu kamu melindungi kesehatan mental sendiri.

1. Tetap Tenang dan Sabar

Ketika kamu berinteraksi dengan seseorang yang sedang marah, penting untuk tetap tenang dan sabar. Jangan membalas kemarahan mereka dengan kemarahan yang sama, karena hal itu hanya akan memperburuk situasi.

Daripada itu, coba untuk tetap tenang dan berbicara dengan suara yang tenang dan penuh pengertian. Ini dapat membantu menenangkan orang tersebut dan mempercepat pemulihan kondisi emosional mereka.

2. Dengarkan dengan Empati

Salah satu cara terbaik untuk menghadapi orang yang marah adalah dengan mendengarkan mereka dengan penuh perhatian dan empati. Cobalah untuk memahami penyebab kemarahan mereka dan apa yang mereka rasakan.

Tunjukkan bahwa kamu peduli dengan menunjukkan ekspresi wajah yang mengerti dan mengangguk-anggukkan kepala sebagai tanda mendengarkan. Ini dapat membantu meredakan emosi mereka dan membuat mereka merasa didengar dan dipahami.

3. Jangan Bersikap Provokatif

Saat berinteraksi dengan orang yang marah, hindari membuat komentar atau tindakan yang bersifat provokatif atau menantang. Ini hanya akan memperburuk situasi dan membuat mereka semakin marah.

Sebaliknya, cobalah untuk menjaga percakapan tetap positif dan konstruktif. Fokuslah pada solusi daripada memperdebatkan masalah yang tidak penting.

4. Tetapkan Batasan yang Jelas

Jika Sobat Holopis berinteraksi secara rutin dengan seseorang yang sering marah, penting untuk menetapkan batasan yang jelas dalam hubungan tersebut. Berbicaralah dengan orang tersebut saat keadaan sedang tenang dan jelaskan bahwa kamu menghargai mereka.

Kesimpulannya, menghadapi orang yang suka marah-marah dan emosian membutuhkan kesabaran, empati, dan pemahaman yang mendalam. Dengan tetap tenang, mendengarkan dengan empati, menghindari provokasi, dan menetapkan batasan yang jelas.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Punya Nafsu Menggebu Dipuji Karena Kekuasaan, Jangan-jangan Kamu Idap Narsistik Megalomania

Narsistik megalomania merupakan salah satu kondisi psikologis yang seringkali disalahpahami oleh masyarakat. Istilah ini berasal dari dua kata, yaitu “narsistik” dan “megalomania.”

Psikolog Sebut Perilaku KDRT Seperti Suami Cut Intan Nabila Bisa Menurun ke Anak

Netizen Indonesia saat ini sedang dihebohkan kabar kasus dugaan KDRT yang dialami oleh selebgram Cut Intan Nabila.

Heboh Selebgram Jadi Korban KDRT, Psikolog Sebut Ini Tanda-tanda Pelaku

Selebgram Cut Intan Nabila membeberkan kelakuan suaminya sendiri ke media sosial Instagram @cut.intannabila.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru