Serjarah Hari Puputan Klungkung Bali, Mengingat Perjuangan Melawan Belanda

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari ini pada tanggal 28 April merupakan peringatan Hari Puputan Klungkung Bali. Mungkin banyak diantara Sobat Holopis yang belum memahami apa itu Hari Puputan Klungkung dan mengapa hal tersebut penting dan harus dirayakan setiap tahunnya.

Ini dia Sobat Holopis, sejarah singkat Hari Puputan Klungkung.

Klungkung merupakan kabupaten kecil yang berada di Bali. Kabupaten Klungkung merupakan wilayah yang unik dan memiliki kaitan dengan Ida I Dewa Agung Jambe di tahun 1686 Masehi.

Ida I Dewa Agung Jambe adalah sosok yang meneruskan Dinasti Gelgel di mana saat itu masyarakatnya hidup dengan Makmur dan sejahtera.

Meski sempat hidup dengan makmur dan bahagia, terjadi pemberontakan di tahun 16- yang membuat Kerajaan Gelge harus bubar.

Siapa yang bertanggung jawab atas runtuhnya kerajaan Gelge? Ia adalah sosok bernama I Gusti Agung Maruti. Namun kemenangannya tak berlangsung lama.

Kerajaan Kembali Direbut oleh Ida I Dewa Agung Jambe

Pada tahun 1686, Gusti Agung Maruti kembali merebut kerajaan. Setelah menang, ia mendirikan Istana Semarapura, yang menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Klungkung.

Namun sayangnya, kerajaan ini tidak bertahan lama. Pada tahun 1908, pasukan Belanda di bawah pimpinan Jenderal M. B. Rost Van Tonningen menyerbu kerajaan itu.

Setelah berjuang sekuat tenaga dan dengan segala kemampuan, mereka tetap kalah dan jatuh dalam kekuasaan Belanda. Peristiwa itu lah yang kemudian disebut sebagai Puputan Klungkung.

Kemudian pemerintahan colonial saat itu menunjuk Ida I Dewa Agung Gede Oka Geg sebagai regen pada Juli 1929. Sejak itulah tanggal 28 April diperingati sebagai Hari Puputan Klungkung.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Kenapa Yunani Selalu Jadi Negara Pertama yang Muncul Saat Opening Ceremony Olimpiade?

Saat upacara pembukaan Olimpiade berlangsung, salah satu tradisi yang paling mencolok adalah penampilan negara Yunani sebagai negara pertama yang memasuki stadion.

Sejarah Hari Puisi Indonesia, Pengingat Kekuatan Bahasa dan Susunan Kata

Hari Puisi Indonesia merupakan momen penting san salah satu hari besar yang wajib dirayakan, dalam kalender budaya nasional yang merayakan keindahan dan kekayaan sastra puisi di Indonesia.

Hari Mangrove Sedunia Ingatkan Pentingnya Menjaga Lingkungan

Hari Mangrove Sedunia diperingati dengan tujuan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya ekosistem mangrove, dan mendorong tindakan untuk melindungi dan melestarikannya.

Jokowi Ajak Wanita Indonesia Lestarikan Kebaya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri puncak acara peringatan Hari Kebaya Nasional yang diselenggarakan oleh Kongres Wanita Indonesia di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada hari Rabu, 24 Juli 2024.

Titiek Soeharto Ajak Wanita Indonesia Lestarikan Kebaya

Ketua Umum Himpunan Ratna Busana (HRB) Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto menyampaikan rasa bangga atas peringatan Hari Kebaya Nasional yang telah diperingati pada hari ini, Rabu, 24 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Tengah.