Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizSurvei BI Sebut Penyaluran Kredit Baru di Triwulan I-2024 Tetap Tumbuh Positif

Survei BI Sebut Penyaluran Kredit Baru di Triwulan I-2024 Tetap Tumbuh Positif

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) dalam surveinya melaporkan penyaluran kredit baru pada triwulan I-2024 tumbuh positif. Hal itu tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) yang sebesar 60,8 persen.

“Pertumbuhan penyaluran kredit baru tersebut terjadi pada seluruh jenis kredit,” terang Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam rilisnya yang dikutip Holopis.com, Jumat (26/4).

Adapun pada triwulan II-2024 nantinya, BI berdasarkan hasil survei perbankan memproyeksi penyaluran kredit baru akan tetap berada pada level pertumbuhan yang positif, dengan SBT sebesar 57,6 persen.

Kendati begitu, standar penyaluran kredit pada triwulan II-2024 diprakirakan sedikit lebih ketat pada seluruh jenis kredit, kecuali untuk jenis kredit KPR/KPA.

“Mayoritas aspek kebijakan penyaluran kredit diprakirakan lebih ketat, khususnya suku bunga kredit dan agunan. Sementara itu, jangka waktu kredit dan persyaratan administrasi diprakirakan lebih longgar,” terang Erwin.

Berdasarkan hasil survei perbankan, responden mengaku tetap optimis terhadap pertumbuhan kredit ke depan, dimana mereka memprakirakan outstanding kredit sampai dengan akhir tahun 2024 akan terus tumbuh.

“Optimisme tersebut antara lain didorong oleh prospek kondisi moneter dan ekonomi serta relatif terjaganya risiko dalam penyaluran kredit,” tutup pria yang juga menjabat sebagai Asisten Gubernur BI tersebut..

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).