PGI Minta Anies-Imin dan Ganjar-Mahfud Redam Polarisasi di Kalangan Pemilihnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum PGI (Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia), Pdt Gomar Gultom menyampaikan apresiasi tinggi kepada dua capres-cawapres yang kalah dalam Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo – Mahfud.

Di mana mereka semua sudah menyatakan secara terbuka menerima hasil putusan MK tentang perselisihan hasil pemilihan umum, yang menyatakan permohonan mereka ditolak seluruhnya.

“Saya juga mengapresiasi sikap Paslon 01 dan 03 yang membawa seluruh keberatan mereka lewat MK, sesuai dengan jalur yang disiapkan oleh regulasi pemilu kita,” kata Gultom dalam siaran tertulisnya yang diterima Holopis.com, Selasa (23/4).

Ia menilai bahwa cara-cara yang ditempuh paslon 01 dan 03 dalam mengambil jalur hukum yakni di MK adalah bentuk kedewasaan mereka dalam berdemokrasi. Sebab, mereka menggunakan instrumen resmi yang konstitusional.

“Ini adalah sebuah sikap kedewasaan dalam berdemokrasi, yang tidak membawa keberatannya ke ranah kekuatan massa pendukung, yang tentu bisa menimbulkan gejolak sosial,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Gultom pun meminta kepada Anies – Imin dan Ganjar – Mahfud untuk bisa meredakan amarah semua pendukungnya yang merasa kecewa Capres-Cawapres yang mereka dukung harus menerima kekalahan tersebut.

Hal ini dinilai penting dalam rangka untuk menciptakan kondusifitas dalam berdemokrasi di Indonesia. Jangan sampai pendukung mereka dipanas-panasi lagi pasca hasil akhir Pilpres 2024 ini.

“Dengan keputusan MK ini, saya yakin paslon 01 dan 02 sudah saatnya untuk meneduhkan para pendukungnya agar bersatu membangun negeri ini di bawah kepemimpinan Presiden terpilih,” tuturnya.

Lebih lanjut, Gultom juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menerima dengan lapang dada atas putusan MK (Mahkamah Konstitusi) yang dibacakan oleh majelis hakim dalam sidang pembacaan putusan perkara nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024 dan 2/PHPU.PRES-XXII/2024 pada hari Senin, 22 April 2024 kemarin.

“Kepada masyarakat umum, saya mengajak untuk bersama bahu membahu membangun negeri ini,” serunya.

“Saya mengimbau untuk mendukung sepenuhnya kepemimpinan Prabowo sebagai Presiden terpilih, lepas dari soal latar belakang partai atau pilihan politik yang ada,” sambung Gultom.

Lantas, ia pun meminta agar Prabowo Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk memastikan diri bisa merangkul semua pihak baik yang mendukung maupun yang tidak mendukung mereka dalam Pilpres 2024.

“Rakyat sudah menentukan pilihan, dan sudah mendapat kekuatan hukum tetap, dan saatnya kita kini menghargai hasil pilihan rakyat, dengan semangat demokrasi,” tukasnya.

“Hanya dengan kebersamaan dan saling menopang satu sama lain, kita dapat membangun negeri ini lebih baik ke depan,” imbuhnya.

Terakhir, ia pun menyerukan kepada masyarakat luas untuk memastikan agar menyudahi semua polarisasi yang terjadi pasca Pilpres 2024.

“Saya mengimbau kita semua untuk mengakhiri polarisasi pilpres lalu dan kini merajut kembali ikatan persaudaraan kita sebagai sesama anak bangsa,” pungkas Gultom.

Indoanime

Rekomendasi :

Baca Ini Juga

Revisi UU Penyiaran Berpotensi Larang Wartawan Investigasi, Mahfud MD : Itu Keblinger!

Pakar Hukum Tata Negara, Mahfud MD, ikut berkomentar perihal revisi Undang-Undang (UU) Penyiaran yang berpotensi melarang produk jurnalistik investigasi. Menurutnya, hal itu merupakan satu kekeliruan.

Alasan Mahfud MD Tolak RUU MK : Bisa Ganggu Independensi Hakim

Pakar hukum tata negara, Prof Mohammad Mahfud MD menilai bahwa Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan Keempat atas UU Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi (RUU MK) memang aneh.

Masuk Usia 67 Tahun, Doa Mengalir untuk Mahfud MD

Mantan Menko Polhukam, Mahfud MD mendapatkan banjiran doa atas bertambahnya usia yang ke 67 tahun. Di mana Mahfud MD ulang tahun pada tanggal 13 Mei 2024 kemarin.

Ganjar Pranowo Dapat Pekerjaan dari PDIP Untuk Pilkada 2024

PDIP mengklaim akan tetap memberdayakan Ganjar Pranowo meski gagal total saat kontestasi Pilpres 2024 yang lalu.

Prabowo Subianto Buka-Bukaan Faktor Kemenangannya di Pilpres 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Prabowo Subianto mengungkap sejumlah faktor penting yang membuat dirinya meraih kemenangan telak dalam kontestasi Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Prabowo Subianto saat...
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029
Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H

Berita Terbaru

Terpopuler

BMKG Ramal Cuaca Jabar Berpotensi Hujan Hari Ini, Cek Sebarannya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jabar (Jawa Barat) yang terjadi pada hari ini, Sabtu 18 Mei 2024.