BerandaNewsRagamDompet Dhuafa Lakukan Tanggap Darurat Korban Dampak Erupsi Gunung Ruang

Dompet Dhuafa Lakukan Tanggap Darurat Korban Dampak Erupsi Gunung Ruang

SITARO, SULAWESI UTARA – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa dan Dompet Dhuafa cabang Sulawesi Utara melakukan aksi tanggap turunkan personil dalam rangka untuk mengevakuasi dan penanganan medis warga terdampak bencana erupsi Gunung Ruang di Desa Apengsala, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara pada hari Sabtu (20/4).

Diketahui Gunung Api Ruang meletus pada Selasa (16/4) malam yang berdampak pada Desa Pumpente dan Desa Patologi di Kecamatan Tagulandang.

Namun, merujuk pada laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pasca erupsi yang terjadi sejak Selasa-Rabu (16-17/4), dampak wilayah yang terkena material vulkanik Gunung Ruang semakin meluas, meliputi 10 desa dan dua kelurahan di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro.

Adapun rincian desa/kelurahan di Kabupaten Sitaro yang terdampak erupsi Gunung Ruang di antaranya Pumpente, Laingpatehi, Mahangiang, Tulusan Barangka Pehe, Apengsala, Lesah Rende, Pahiama, Boto, Leseh dan Kelurahaan Bahoi serta Kelurahan Balehumara.

Penerbit Iklan Google Adsense

Melihat situasi yang terjadi di sekitar wilayah Gunung Ruang, DMC Dompet Dhuafa turut hadir mengevakuasi warga terdampak ke wilayah yang aman dan membantu penanganan medis untuk warga yang membutuhkan.

“Kami telah mengevakuasi serta memberikan penanganan medis kepada warga terdampak di Desa Apengsala, Kecamatan Tagulandang. Ada 18 orang penerima manfaat dalam giat yang kami lakukan ini,” tutur penanggung jawab Respons Erupsi Gunung Api Ruang DMC Dompet Dhuafa, Fai Umarama dalam laporan tertulisnya yang diterima Holopis.com.

Mengingat material vulkanik Gunung Api Ruang yang terus menyebar, seperti hujan abu vulkanik disertai kerikil dan bebatuan, tim DMC Dompet Dhuafa juga mendistribusikan 300 buah masker guna mengantisipasi risiko gangguan ISPA.

Dalam laporan tertulis di laman resmi BNPB, Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, menjelaskan upaya penanganan darurat bencana erupsi Gunung Ruang terus dilakukan oleh tim gabungan, menyusul dampak letusan gunung api yang berstatus ‘Awas’ level IV.

“Kerugian materil atas dampak bencana ini meliputi kurang lebih 135 rumah di Kabupaten Sitaro, yang mana ada 363 rumah rusak, 2 gereja rusak dan 1 sekolah dasar rusak,” ungkap Abdul dalam laporan tertulisnya.

Kawan Baik, tim DMC Dompet Dhuafa bersama Dompet Dhuafa cabang Sulut masih terus berupaya membantu penyintas terdampak bencana erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara. Semoga upaya-upaya baik yang dilakukan segenap relawan mampu meringankan beban penyintas yang kini tengah menghadapi masa sulit akibat bencana.

Mari kita panjatkan doa agar gemuruh Gunung Api Ruang segera mereda, dan tidak menyisakan luka dan duka untuk warga sekitar. Karena Bumi Cuma Satu, Berdaya Sekarang.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Dompet Dhuafa Groundbreaking Masjid di Long Xuyen Vietnam

Menjelang milad ke 31 Dompet Dhuafa kembali menjalankan misi kemanusiaan. Kali ini adalah menuju Kota Long Xuyen, Provinsi An Giang, Vietnam dalam rangka pembangunan masjid untuk masyarakat muslim minoritas di sana.

Khasiat Keju untuk Tubuh yang Belum Banyak Diketahui

Siapa sih yang tidak suka keju? Keju bukan hanya lezat untuk dinikmati sebagai camilan atau tambahan pada berbagai hidangan, tetapi juga mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat memberikan manfaat kesehatan.

Cara Menjaga Diri dari HIV: Langkah-langkah Pencegahan yang Efektif

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.

Polri Gelar Pesta Rakyat HUT Bhayangkara ke-78 di Monas, Ada Makanan dan Minuman Gratis

Polri menggelar Pesta Rakyat dalam rangka HUT Bhayangkara ke-78, di Lapangan Monas pada Senin 1 Juli 2024. Kegiatan tersebut akan diisi berbagai acara, dan diramaikam dengan penampilan sejumlah artis Tanah Air.

Jokowi Ajak Masyarakat Doakan Pemulihan Prabowo Subianto

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengunggah momen kebersamaan dirinya saat tengah menjenguk Menhan Prabowo Subianto yang tengah menjalani perawatan.

Warga Jaksel dan Jaktim Harap Waspada, Ada Potensi Hujan Petir Malam Nanti

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Senin 1 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS