BerandaNewsEkobizBegini Kata Sri Mulyani soal Dolar AS yang Makin Kuat

Begini Kata Sri Mulyani soal Dolar AS yang Makin Kuat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berbicara terkait semakin menguatnya nilai mata uang Dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah dalam beberapa waktu belakangan ini.

Dia menuturkan, situasi yang terjadi di tingkat global saat ini sedikit banyak pasti mempunyai dampak terhadap perekonomian nasional.

“Saya sampaikan bahwa situasi global yang berkembang saat ini pasti akan berdampak pada perekonomian Indonesia,” kata Sri Mulyani dalam unggahan di akun Instagramnya, Minggu (21/4) yang dikutip Holopis.com.

Menurut Sri Mulyani, menguatnya mata uang Paman Sam tersebut sebenarnya dapat lebih menguntungkan dari sisi ekspor. Namun untuk impor, tentu akan berpengaruh pada harga di dalam negeri yang pada akhirnya berdampak pada inflasi.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Di sisi ekspor, penerimaan akan jauh lebih baik dengan nilai tukar dolar yang menguat. Namun, di sisi impor, konversi harga dolar terhadap rupiah akan lebih tinggi dan bisa berdampak pada inflasi di Indonesia,” katanya.

Bendahara negara itu pun menegaskan, bahwa pemerintah akan terus waspada dalam menghadapi berbagai perkembangan yang terjadi saat ini.

“Saya yakin Indonesia akan tetap resilien dalam situasi ini. Stabilitas ekonomi makro akan senantiasa dijaga, baik dari sisi moneter maupun fiskal,” ujar Sri Mulyani.

Dia menuturkan, pemerintah bersama dengan Bank Indonesia selaku pemangku kepentingan lainnya akan terus berkoordinasi untuk beradaptasi dengan berbagai tekanan yang ada dari sisi moneter.

“Dari sisi fiskal, kita memastikan APBN berperan menjadi shock absorber yang efektif dan kredibel,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS