back to top

Lakukan Hal Ini Agar Mobil Tetap Optimal Setelah Dipakai untuk Mudik

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mudik pakai mobil tentunya perlu perawatan yang optimal, sebelum berangkat ke kampung halaman. Saat balik dari kampung halaman, mobil jug harus tetap dicek dan lakukan beberapa perawatan setelah dipakai perjalanan jarak jauh.

Menurut Kepala Bengkel Peugeot Cilandak, Roni Agung mengatakan perawatan pasca mudik bisa dilakukan secara meluruh.

“Sebaiknya untuk melakukan service menyeluruh hingga melakukan tune up mobil bila diperlukan, agar performa mesin mobil tidak menurun. Sehingga perjalanan pulang kampung tetap lancar dan mobil kembali fit setelahnya,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip Holopis.com, Sabtu (20/4).

Berikut ini perawatan mobil pasca mudik :

1. Cuci Mobil

pemilik mobil perlu mencuci mobil sebab mobil biasanya bakal lebih kotor setelah melewati perjalanan jauh. Saat perjalanan jauh, tumpukan kotoran tentunya akan lebih tebal dari biasanya, apalagi saat kendaraan juga melewati guyuran hujan. Jika dibiarkan bisa menyebabkan waterspot pada bodi mobil dan sulit dihilangkan. Tak hanya bagian eksterior atau luar mobil, bersihkan juga bagian dalam mobil. bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan interior agar debu dan kotoran yang menempel pada karpet dan jok bisa terangkat.

2. Cek Kondisi Mesin, Oli Gearbox dan Lainnya

Jika kondisi mesin dirasakan tidak normal sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel resmi terdekat untuk cek kondisi pelumas mesin, gearbox dan lainnya.

“Mengapa harus di cek dan ganti oli jika diperlukan? Karena perjalanan yang ditempuh dalam jangka waktu lama, biasanya akan membuat setiap komponen terus bergesekan secara terus-menerus. Tak heran jika hal ini membuat oli lebih mudah kotor dan berkurang sehingga fungsi oli mesin sebagai pelumas bisa menurun kualitasnya,” jelas Roni.

3. Cek Sistem Pendinginan

Lihat juga apakah sistem pendinginnya berfungsi secara normal guna menjaga suhu mesin agar tetap stabil dan mencegah mesin menjadi overheat. Bisa dimulai dengan memeriksa volume air di tabung reservoir hingga kondisi dan kualitas air radiator. Pastikan juga kondisi kipas radiator, termostat hingga selang pendingin serta kelistrikannya berfungsi agar sistem pendinginan pada mobil bekerja optimal.

4. Cek Kondisi Ban

Perhatikan kondisi ban. Pemilik bisa mengecek ulang tekanan angin ban. Apalagi saat mudik selain banyak penumpang juga bawa barang lebih banyak dari biasanya. Dan untuk tekanan angin ban ukurannya bisa dilihat di pintu mobil bagian depan.

“Selain ukur ulang tekanan angin ban, periksa juga semua kondisi ban termasuk ban cadangan. Bila ban mobil sudah aus ataupun mengalami kebocoran, disarankan untuk mengganti dengan ban baru agar tidak membahayakan saat kendaraan digunakan,” ujar Roni.

5. Lakukan Spooring dan Balancing dan Cek Kondisi Rem

Jika masih ada waktu sebelum lakukan aktivitas harian ada baiknya lakukan Spooring, balancing sekaligus cek kondisi rem. Sebab prosedur penyesuaian posisi roda pada mobil agar terhindar dari kecelakaan dan mendapatkan kenyamanan dalam berkendara.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029

Berita Terbaru

Uber Cup 2024 : Ester Menangi Gim ke-3, Indonesia Kunci Tiket Semifinal

Indonesia mengunci satu tiket ke semifinal Uber Cup 2024, usai Ester Nurumi Tri Wardoyo memastikan kemenangannya di gim ketiga kontra Thailand.

TERPOPULER

Rekomendasi :