Presiden Jokowi Gelar Ratas Bahas Konflik Iran – Israel

Ratas Presiden
Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri menghadiri rapat terbatas (ratas) di Istana Negara Jakarta pada hari Selasa, 16 April 2024.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memanggil sejumlah menteri untuk membahas persoalan ancaman geopolitik pasca serangan militer Iran ke Israel. Hal ini karena dikhawatirkan perang antara Iran dan Israel tersebut bisa berdampak pada Indonesia.

“Geopolitik di Timur Tengah dapat berdampak pada Indonesia,” kata Presiden Jokowi dalam keterangannya, Selasa (16/4) seperti dikutip Holopis.com.

Saat ini menurut Presiden, yang paling penting dilakukan oleh pemerintah Indonesia adalah bagaimana menjaga stabilitas regional dalam rangka mengamankan kondisi nasional akibat konflik yang terjadi antara negara Islam Syiah dengan Yahudi tersebut.

“Kami membahas pentingnya terus melanjutkan upaya diplomasi untuk mencegah eskalasi serta menjaga kestabilan regional, mengurangi dampak ekonomi global,” ujarnya.

Di sisi lain, Jokowi juga menyampaikan bahwa pihaknya tengah mengupayakan untuk berkoordinasi dengan para pimpinan tinggi negara-negara sahabat untuk memastikan bahwa para WNI (warga negara Indonesia) yang ada di negara-negara konflik bisa tetap aman.

“Pemerintah telah berkomunikasi intensif dengan para pemimpin dunia, termasuk pentingnya perlindungan bagi warga negara Indonesia (WNI) di kawasan konflik,” jelasnya.

Lantas, Kepala Republik Indonesia tersebut menjelaskan bahwa Indonesia tetap memaksimalkan daya tarik investasi di Indonesia untuk jangka waktu yang panjang.

“Bersamaan itu, Pemerintah pun senantiasa memperkuat daya saing juga daya tarik investasi jangka panjang untuk Indonesia,” pungkas Jokowi.

Exit mobile version