Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kasih Dia Tau : Manfaat Buah Markisa Salah Satunya Cegah Kanker

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Buah markisa ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan yang cukup besar. Buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan, memiliki sekitar 400 jenis dan hanya 50 yang dapat dikonsumsi.

Sehingga beberapa Jenis dibudidayakan secara komersial hingga dikenal di Indonesia seperti markisa ungu atau Passiflora edulis f. edulis Sims dan markisa kuning atau Passiflora edulis f. flavicarpa degner.

Di informasikan bahwa buah markisa memiliki beberapa kandungan nutrisi vitamin A, kalium, vitamin C, kalsium, zat besi, serat, vitamin B6 yang tentu saja membuat manfaat buah markisa cukup banyak untuk tubuh.

Ditambah buah markisa juga kaya akan antioksidan, yang memberikan perlindungan alami bagi tubuh.

Berikut manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh.

Mampu Mengurangi Resiko Kanker :

Manfaat buah markisa yang pertama adalah mampu mengurangi resiko kanker, karena buah tersebut kaya akan kandungan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas pemicu kerusakan sel dalam tubuh. Selain itu, buah tersebut juga mengandung vitamin A dan flavonoid yang membantu mencegah pembentukan kanker. bahkan buah markisa memiliki senyawa chrysin yang memiliki aktivitas antikanker.

Mampu Menjaga Kesehatan Jantung :

Manfaat buah markisa selanjutnya yakni mampu menjaga kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi buah markisa secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Asupan serat pada buah markisa dapat membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dari pembuluh darah, sehingga mencegah pengendapan di arteri yang dapat menyebabkan penyumbatan jantung.

Mampu Mengatur Kadar Gula Darah :

Buah markisa memiliki indeks glikemik rendah, serta kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi pada buah markisa juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ternyata buah markisa biasa direkomendasikan menjadi pilihan pertama di antara buah-buahan lain untuk diet diabetes.

Selain itu, manfaat dari buah markisa ini didukung oleh berbagai studi yang menyatakan bahwa ekstrak buah markisa dapat meningkatkan kinerja hormon insulin untuk mengendalikan gula darah dan mencegah diabetes.

Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh :

Kandungan antioksidan beta karoten dan polifenol di dalam buah markisa dapat memperkuat daya tahan tubuh sehingga Sobat Holopis tidak mudah terserang penyakit, khususnya penyakit infeksi. Selain itu, kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C merangsang aktivitas sel darah putih yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Sobat holopis, ternyata 4 manfaat buah markisa yang bisa cegah berbagai penyakit berbahaya dalam tubuh dan mampu meningkatkan kesehatan serta kekebalan tubuh.

Bahkan buah markisa mampu meningkatkan aliran darah, khususnya ke otak dan sistem saraf, serta dapat mengurangi stres dan peradangan pada tubuh.

Sobat holopis jangan ragu untuk mencobanya yaa.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru