Categories: Ekobiz

Zulhas Ngaku Gak Senang Lihat Harga Bahan Pokok Murah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas mengaku bahwa dirinya tak senang melihat harga bahan pokok berada di level rendah alias murah.

Sebab menurutnya, harga bahan pokok yang kelewat murah justru membuat para petani merugi. Jika hal ini terjadi, petani tentu enggan untuk menanam dan pada akhirnya membuat harga kembali naik karena produksi menurun.

Alhamdulillah kalau bahan pokok, cabai segala, murah ya. Jadi kalau murah tuh saya juga nggak senang banget sebetulnya. Kalau cabai misalnya, harganya sampai Rp 35 ribu kan orang nggak tanam lagi, nanti jadi Rp 100 ribu lagi,” kata Zulhas dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (11/4).

Sebagai contoh, ia menyebut modal yang dibutuhkan para petani untuk menanam cabai sekitar Rp 30.000 per kg. Sehingga untuk mendapatkan laba, harga jual cabai setidaknya berada di level Rp 40.000 per kg.

“Cabai kalau harganya sudah Rp 25 ribu per kg yang mau tanam siapa? Modalnya Rp 30 ribu. Kalau modalnya Rp 30 ribu berarti harganya paling kurang Rp 40 ribu kan? Baru orang dapat untung. Kalau harganya Rp 25-30 ribu per kg, dia tanam dia rugi,” terangnya.

Untuk itu, lanjut Zulhas, pemerintah telah membarikan sejumlah kebijakan terkait harga jual yang ideal, sehingga pada akhirnya membuat produsen yang dalam hal ini petani ataupun peternak dan konsumen sama-sama diuntungkan.

“Makanya pemerintah bikin patokan kan, misalnya ayam, telur. Kalau telur itu Rp 28-29 ribu per kg, kalau dia harganya Rp 26 ribu per kg pasti orang (peternak) nggak mau (produksi), dipotong ayamnya. Nah kalau (ayam petelurnya) dipotong kan langka lagi, naik lagi (harga telurnya),” kata Zulhas.

“Ayam juga begitu, kalau ayam kan sudah dihitung sama kita maka dia harus harganya Rp 37-38 ribu. Jadi kalau kita ke pasar ayam dijual Rp 33 ribu, bakal naik ini (harga jual ayam), berarti sudah terlalu murah orang (peternak) nggak mau lagi (produksi) dong,” sambungnya.

Khoirudin Ainun Najib

Share
Published by
Khoirudin Ainun Najib

Recent Posts

KPK Tetapkan 2 Tersangka Korupsi Proyek Shelter Tsunami NTB

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dua tersangka korupsi dugaan Pembangunan Tempat Evakuasi Sementara (TES) ...

17 menit ago

Polda Jabar Girang Putusan Praperadilan Pegi Setiawan Tak Bahas Ganti Rugi

Polda Jabar mengaku hanya bisa pasrah dengan putusan Hakim Tunggal PN Bandung atas gugatan praperadilan…

27 menit ago

Chand Kelvin Resmi Menikah, Sah Jadi Suami Orang

Artis Indonesia Chand Kelvin akhirnya melepas masa lajang dan menikahi Dea Sahirah. Hari berbahagia untuk…

37 menit ago

PDIP Enggak Gentar Hadapi Bobby Nasution di Pilkada Sumut

PDIP tidak ambil pusing ketika Bobby Nasution sudah mendapatkan dukungan dari enam partai politik untuk…

2 jam ago

Putusan Hakim Dalam Sidang Praperadilan Pegi Setiawan

Hakim tunggal PN Bandung, Eman Sulaeman mengabulkan gugatan praperadilan Pegi Setiawan atas status tersangka yang…

3 jam ago

RESEP : Bihun Goreng Sederhana dan Nikmat, Cocok untuk Makan Siang

Siapa bilang makan siang simple harus makanan yang mahal dan ribet untuk memasaknya? Bihun goreng…

3 jam ago