Polda Metro Minta Pemudik Atur Waktu Saat Arus Balik

Latif Usman
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman. [Foto : Ist]

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Polda Metro Jaya meminta agar masyarakat yang akan kembali dari kampung halaman untuk bisa menyesuaikan waktu saat arus balik nanti.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menjelaskan, setidaknya akan ada satu juta kendaraan yang akan masuk ke Jakarta dalam waktu tanggal 13-16 April 2024 mendatang.

“Kalaupun satu hari itu ada 250 ribu kendaraan itu pun sudah cukup tinggi. Oleh sebab itu saya mengharapkan masyarakat yang kembali ke Jakarta untuk mempersiapkan semuanya,” kata Latief Usman dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (11/4).

Salah satu strategi itu menurut Latief adalah dengan cermat memilih sejumlah gerbang tol demi menghindari penumpukan kendaraan seperti di simpang susun Cikunir, Tanjung Priok dan Halim.

“Tiga tempat ini adalah tempat krusial buat titik masuknya Jakarta yang kita perhatikan betul-betul. Nah tapi kita sudah mempunyai tol fungsional, tol dari Cibitung menuju ke Cimanggis,” ungkapnya.

Latief pun memastikan pihaknya bakal menggunakan strategi Contra flow khususnya di dalam tol yang masuk halim terjadi kepadatan

“Itu langkah terakhir yang akan kita lakukan yaitu akan melakukan ‘contraflow’ yaitu dari pintu Tol Halim mungkin nanti bisa sampai Slipi ataupun sampai depan Polda Metro Jaya ataupun nanti sampai depan gedung DPR,” ujarnya.

Latif juga menambahkan, arus balik akan dipecah dari awal sehingga masuk ke Jakarta akan lebih nyaman.

Exit mobile version