HOLOPIS.COM, SURABAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG telah merilis informasi prakiraan cuaca Jatim (Jawa Timur) di hari kedua Lebaran 2024/1445 Hijriah, Kamis 11 April 2024.

Berdasarkan prakiraan BMKG, cuaca Jatim hari ini bakal didominasi oleh cuaca cerah hingga cerah berawan. Namun BMKG masih melihat beberapa wilayah yang berpotensi hujan

Bahkan dalam kolom peringatan dininya, BMKG menyebut adanya potensi hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Jatim.

“Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat,” tulis peringatan dini BMKG yang dikutip Holopis.com, Kamis (11/4).

Adapun potensi cuaca ekstrem tersebut terjadi sejak pagi hari ini di wilayah Kab. Mojokerto, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar.

kemudian Kab. Kediri, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan dan Sampang.

Selanjutnya pada siang hingga sore nanti, cuaca yang sama juga bakal melanda wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kab. Mojokerto, Bojonegoro, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan.

Kemudian Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan Situbondo.

Lebih lanjut, BMKG juga turut merilis informasi terkait prakiraan suhu dan kelembapan udara di Jatim pada hari ini.

Berdasarkan prakiraan BMKG, suhu udara di Jatim pada hari ini bakal berkisar antara 17 – 33 derajat celcius, dengan kelembapan udara di rentang 60 – 100 persen.