Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bisa Cegah Anemia loh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tanaman bayam biasanya dijadikan sebagai sayur untuk dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain lezat, juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh loh, salah satunya bahkan dikabarkan bisa mencegah Anemia.

Mengapa hal itu bisa terjadi, karena bayam mengandung zat besi yang tinggi dan nutrisi-nutrisi lainnya.

Berikut ini kandungan nutrisi serta manfaat bayam untuk kesehatan tubuh, seperti dikutip Holopis.com dari Halodoc :

Berikut kandungan dalam 100 gram bayam, yaitu :

  • Kalori : 23
  • Air : 91 persen
  • Protein : 2,9 gram
  • Karbohidrat : 3,6 gram
  • Gula : 0,4 gram
  • Serat : 2,2 gram
  • Lemak : 0,4 gram

Selain itu, sayuran ini juga mengandung vitamin dan mineral, seperti :

  • Vitamin A
  • Folat
  • Vitamin C
  • Vitamin K1
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Potasium

Manfaat Bayam untuk Kesehatan Tubuh

1. Cegah Stres Oksidatif

Paparan radikal bebas pada tubuh dapat memicu stres oksidatif, yang meningkatkan risiko berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi bayam, kamu akan mendapatkan asupan antioksidan yang bisa membantu mencegah terjadinya stres oksidatif.

2. Turunkan Risiko Gejala Asma

Bayam kaya akan antioksidan, mulai dari vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Semua nutrisi ini dapat membantu fungsi paru-paru, sehingga dapat membantu mengurangi keparahan gejala asma dan mengurangi risiko serangan berulang.

3. Jaga Kesehatan Tulang

Bayam mengandung vitamin K, sehingga memiliki potensi untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K berperan penting dalam sejumlah fungsi tubuh. Mulai dari bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi jumlah kalsium yang keluar dari tubuh dalam urine.

4. Optimalkan Kesehatan Rambut

Karena mengandung banyak vitamin A, makanan sehat ini dapat memoderasi produksi minyak di pori-pori kulit dan folikel rambut.

Ketika folikel rambut menjadi lebih sehat, pertumbuhan rambut akan menjadi lebih sehat.

Selain itu, kekurangan zat besi adalah penyebab umum kerontokan rambut, yang dapat kamu cegah dengan mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti bayam.

5. Tingkatkan Kesehatan Kulit

Sayuran ini mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga produksi kolagen. Ketika kolagen terpelihara dengan baik, maka kulit akan menjadi lebih sehat.

6. Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Bayam kaya akan serat dan air, yang keduanya membantu mencegah sembelit dan meningkatkan saluran pencernaan yang sehat. Menurut penelitian di University of Tokushima School of Medicine, glycol glycerolipid yang terdapat dalam bayam membantu melindungi lapisan saluran pencernaan.

7. Jaga Kesehatan Mata

Bukan hanya wortel, ternyata mengonsumsi sayuran berdaun hijau ini juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena kandungan lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam sayuran hijau ini.

8. Jaga Tekanan Darah

Bayam juga mengandung nitrat yang berfungsi mengontrol tekanan darah sehingga kamu akan terhindar dari berbagai gangguan jantung. Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsinya secara teratur, agar kondisi kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik.

9. Turunkan Berat Badan

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, cobalah rutin mengonsumsi bayam. Sayuran ini bisa membantu kamu menurunkan berat badan karena kandungan kalori yang rendah.

Selain itu, serat dalam sayuran ini juga membantu kamu merasakan kenyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan menjadi lebih baik.

10. Cegah Anemia

Tingginya kadar zat besi dalam sayuran ini menjadikannya pilihan yang baik, terutama jika kamu memiliki riwayat anemia. Karena itu, sebaiknya memasukkan sayuran ini ke dalam menu makanan harianmu. Sebab, zat besi memiliki peran penting dalam pembentukan hemoglobin dalam tubuh.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru