Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Beragam Manfaat Sayur Tauge, Salah Satunya Tingkatkan Kualitas Sperma!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sayuran tauge rupanya selain lezat dan nikmat ketika disantap, juga punya kandungan manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

Bahkan, salah satu manfaat sayur tauge yang sejatinya sudah tidak asing lagi di telinga para pria Indonesia, yakni bisa meningkatkan kualitas sperma.

Tentunya tidak hanya itu, masih banyak lagi manfaat lainnya yang terkandung dari tauge. Hal itu terjadi sebab, tauge mengandung serat, antioksidan, vitamin E, vitamin K, asam folat, vitamin B, dan mineral maupun vitamin penting lainnya.

Menurut dr. Gia Pratama, kebutuhan konsumsi tauge bervariasi tergantung pada kebutuhan individu dan gaya hidup. Secara umum, sekitar 50-100 gram tauge segar per hari dapat menjadi bagian dari pola makan sehat.

Berikut ini 10 manfaat tauge untuk kesehatan, seperti dikutip Holopis.com dari Klik Dokter :

1. Cegah Penyakit Jantung

Peradangan, tekanan darah tinggi (hipertensi), atau kadar kolesterol tinggi bisa jadi faktor risiko tingginya penyakit jantung. Untuk mencegah penyakit jantung, kamu bisa mengonsumsi toge.

“Tauge mengandung senyawa flavonoid, seperti quercetin, dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner,” jelas dr. Gia.

2. Menyehatkan Sistemn Pencernaan

“Tauge mengandung serat makanan yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mengatur pencernaan dan menjaga kesehatannya,” ujar dr. Gia.

Serat juga bisa menjadi makanan untuk bakteri baik di usus. Bakteri ini membantu memecah racun dari zat makanan, melatih sistem imun, dan membuat vitamin tertentu yang dibutuhkan tubuh.

“Tauge mengandung enzim amilase, yang membantu dalam pemecahan karbohidrat. Ini dapat mempermudah proses pencernaan dan penyerapan nutrisi di sistem pencernaan,” jelasnya.

3. Mencegah Sembelit

Kandungan serat pada toge juga memberi manfaat dalam mencegah susah BAB. Sebab sembelit sering kali terjadi jika kamu kurang mengonsumsi makanan berserat.

Serat dari sayuran tauge bisa melunakkan feses sehingga mudah melewati saluran cerna dan dikeluarkan dari tubuh. Manfaat tauge ini bisa kamu dapatkan jika asupan cairan juga terpenuhi setiap harinya.

4. Melawan Radikal Bebas

Walaupun berukuran kecil, toge termasuk makanan kaya antioksidan. Senyawa ini bantu tubuh melawan kerusakan sel akibat radikal bebas.

“Tauge mengandung senyawa-senyawa fitokimia yang memiliki sifat antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E. Makan toge dapat memberikan manfaat berupa perlindungan bagi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas,” jelas dr, Gia.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif adalah kondisi menyebabkan jaringan atau organ memburuk dari waktu ke waktu. Ini meliputi penyakit jantung, kanker, osteoporosis, dan penyakit Alzheimer.

Konsumsi makanan kaya antioksidan, seperti kacang-kacangan dan tauge, berkorelasi positif dengan rendahnya risiko penyakit degeneratif di hari tua.

6. Meningkatkan Sistem Imun

“Tauge merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh,” ucap dr. Gia.

Manfaat ini diketahui dari kemampuan vitamin C yang meningkatkan fungsi sel darah putih. Hal ini berdampak pada produksi antibodi oleh sel darah putih sehingga tubuh jadi lebih kuat melawan infeksi.

7. Membantu Mengendalikan Gula Darah

Diabetes menyebabkan kadar gula darah di atas normal. Kondisi ini menyebabkan gejala mengganggu dan komplikasi yang berbahaya.

Agar kondisinya tidak semakin parah, diabetesi perlu menjaga kadar gula darahnya tetap stabil. Caranya, dengan menjaga pola makan tetap sehat.

“Tauge memiliki indeks glikemik rendah dan mengandung serat, yang membantu mengatur kadar gula darah. Konsumsi tauge dapat membantu dalam pengendalian gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2,” jelas dr. Gia.

8. Dukung Pembekuan dan Pembentukan Sel Darah

“Vitamin K pada tauge penting untuk pembekuan darah,” ujar dr. Gia.

Ini dibutuhkan oleh ketika perdarahan terjadi. Jika fungsinya tidak berjalan dengan baik, jumlah darah bisa berkurang, terutama pada kasus kecelakaan parah.

Di samping membekukan darah, zat besi dan asam folat pada tauge juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Manfaat tauge ini dapat mencegah kamu mengalami anemia.

9. Menguatkan Tulang

Tauge mengandung vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang. Sayuran ini juga mengandung mangan dan seng, yang mendukung pembentukan tulang yang sehat.

Khasiat toge ini juga diperkuat ini dengan kandungan fitoestrogen. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan mineralisasi tulang dengan meningkatkan kadar kalsium.

10. Meningkatkan Kualitas Sperma

Manfaat toge untuk pria ini cukup populer di masyarakat. Ekstrak tauge efektif untuk meningkatkan kualitas sperma meliputi jumlah, bentuk (morfologi), motilitas, dan viabilitas, menurut penelitian yang dilakukan oleh Endah Mulyani.

Kualitas sperma yang bagus ini dapat memperbesar peluang kehamilan. Sebaliknya, jika kualitas maupun kuantitas sperma rendah, peluang keberhasilan kehamilan jadi semakin kecil.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru